CEK FAKTA: TNI AD Bantah Video Serda Ucok Siap Bantu Tangkap Pembunuh Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 14:26 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: TNI AD Bantah Video Serda Ucok Siap Bantu Tangkap Pembunuh Brigadir J Hoaks Soal Video Serda Ucok. YouTube

Merdeka.com - Sebuah video beredar dan viral di media sosial. Dengan judul 'SERDA UCOK SIAP BANTU NEGARA TANGKAP PEMBUNUH BRIGADIR J'. Video itu berisi suara yang diklaim Serda Ucok.

Dalam video itu dinarasikan kesiapan membantu menangkap pelaku pembunuh Brigadir J. Video berdurasi 1 menit 18 detik, juga menampilkan gambar prajurit Kopassus.

"Komando! Kami alumni pasukan cebongan 2013, Serda Ucok Tigor Simbolon dan kawan-kawan, merasa terpanggil melihat ketidakadilan atas kematian Brigadir Yoshua secara mengenaskan di rumah bosnya. Sebagai putra Batak dan prajurit Kopassus kami merasa terpanggil untuk membantu ibu pertiwi demi membela keadilan, dengan menangkap dan mengungkap pembunuh Yoshua secara terang benderang.

Sungguh, kami tidak tega melihat negara sepertinya kesulitan dan kehabisan energi untuk menangkap pembunuh Yoshua. Kami merasa terpanggil demi keadilan mewakili keluarga besar Batak, dan masyarakat Indonesia dan kewibawaan negara serta Pancasila dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Mohon beri kami ruang untuk menangkap pembunuh Yoshua hidup atau mati, secepat-cepatnya, kami pasti bisa, berani benar berhasil," kata pria dalam video tersebut.

Dibantah TNI AD

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna menegaskan bahwa video pernyataan Serda Ucok yang mengaku siap membantu negara untuk mencari pembunuh Brigadir J di akun tiktok @mursyid.adam adalah video berisi kebohongan serta upaya adu domba antara TNI dan Polri.

"Saat ini TNI AD telah bekerjasama dengan pihak Polri dan lembaga terkait lainnya untuk menelusuri dan meminta pertanggungjawaban atas beredarnya video di akun tiktok tersebut," kata Kadispenad dalam keterangannya tertulis, Senin (8/8/2022).

Kadispenad berharap masyarakat tidak terprovokasi atas video bohong yang banyak beredar di medsos tentang pernyataan Serda Ucok itu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini