CEK FAKTA: Tidak Benar WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19

Sabtu, 23 Mei 2020 12:31 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19 Ilustrasi vegetarian. ©Shutterstock/Yuganov Konstantin

Merdeka.com - Informasi terkait World Health Organization (WHO) yang mengeluarkan pernyataan jika vegetarian terbebas dari virus corona Covid-19 beredar di media sosial.

Salah satunya tersebar di media sosial Facebook, yang diunggal akun Tan Lay Tho yang menggunggah tangkapan layar artikel daring dengan narasi "No Vegetarian is effected by CORONA. Corona requires animal fat in body - WHO". Dengan narasi sebagai berikut:

tidak benar who sebut vegetarian aman dari covid 19

Cek Fakta Medcom.id


Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim WHO yang mengeluarkan pernyataan jika vegetarian bebas terkena Covid-19. Dikutip dari artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19? Ini Faktanya". WHO tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu. Klaim tersebut banyak beredar di India dan isu tersebut sudah dibantah oleh representatif WHO di India.

Dilansir situs pemeriksa fakta berbasis di India altnews.in, Representatif WHO di India Supriya Bezbaruah membantah pihaknya mengeluarkan pernyataan tersebut. "WHO tidak mengeluarkan pernyataan itu," kata Supriya menaggapi konfirmasi altnews.in melalui email.

Kantor berita AFP juga meminta konfirmasi terkait klaim tersebut pada Sekretaris Jenderal Indian Medical Association Dr. R.V. Asokan. Asokan juga membantah bahwa vegetarian aman dari covid-19.

"Sama sekali tidak benar klaim-klaim itu. Tidak ada bukti medis bahwa makanan non-vegetarian berhubungan dengan kematian yang disebabkan oleh covid-19," bantahnya.

Kesimpulan

Klaim WHO yang mengeluarkan pernyataan vegetarian aman dari Covid-19 tidak benar. Faktanya WHO tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu. Informasi tersebut banyak beredar di India dan isu tersebut sudah dibantah oleh representatif WHO di India.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini