CEK FAKTA: Tidak Benar Video Sebut Kemacetan Pemudik di Jalur Sukabumi – Cianjur

Selasa, 11 Mei 2021 18:30 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Sebut Kemacetan Pemudik di Jalur Sukabumi – Cianjur tidak benar kemacetan pemudik di jalur sukabumi-cianjur. ©Instagram Polda Jabar

Merdeka.com - Beredar video memperlihatkan suasana kemacetan di jalan raya. Video yang beredar di media sosial itu diklaim terjadi di Jalur Sukabumi – Cianjur.

Dalam video tersebut disertakan narasi "Perbatasan Sukabumi - Cianjur hari ini ....mengerikan. mirip india wkt festival khumbela Tidak Mendengarkan Peringatan Presiden Kita".

Penelusuran

Polda Jawa Barat melalui media sosialnya telah memberikan klarifikasi terkait klaim kemacetan pemudik di Jalur Sukabumi – Cianjur. Ternyata video tersebut tidak benar atau hoaks, faktanya video tersebut adalah para pekerja yang baru pulang di Jalur Sukabumi – Cianjur.

"Telah beredar berita (Tidak Benar) HOAX di media sosial dan whatsapp sebuah video yang berisi informasi tentang kemacetan mengerikan yang diyakini pemudik dan Diklaim Terjadi di Jalur Sukabumi – Cianjur. Faktanya, video tersebut merupakan video lama yang baru diunggah kembali, video tersebut adalah para pekerja yang baru pulang di di Jalur Sukabumi – Cianjur, video tersebut juga telah di klarifikasi oleh pengunggah atas nama Iin Sulastri warga cianjur. Pada akun (Nayisel) tik-tok miliknya," tulis akun Instagram @humaspolda.jabar.

tidak benar kemacetan pemudik di jalur sukabumi cianjur
©Instagram Polda Jabar

Selain itu Humas Polda Jabar juga mengingatkan agar masyarakat tidak begitu saja percaya dengan informasi yang beredar di media sosial.

"Diharapkan kepada masyarakat agar tidak khawatir dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Bijaklah bermedia sosial. Saring Sebelum Sharing Yaa. Be Smart Netizen"

Kesimpulan

Klaim video kemacetan pemudik terjadi di Jalur Sukabumi – Cianjur adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut para pekerja yang baru pulang di Jalur Sukabumi – Cianjur.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/COmAE9lDIhB/ [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini