CEK FAKTA: Tidak Benar Video Penembakan di BRI Cabang Batulicin

Rabu, 29 Juni 2022 14:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Penembakan di BRI Cabang Batulicin Ilustrasi Penembakan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar video di media sosial aksi penembakan sebuah bank yang diklaim terjadi di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Batulicin, Kalimantan Selatan.

Dalam video berdurasi 30 detik memperlihatkan aksi baku tembak antara petugas keamanan dengan seorang pria. Peristiwa itu diduga terjadi dalam sebuah bank. Dalam video itu juga terdapat narasi bahwa baku tembak terjadi di BRI cabang Batulicin.

"BRI CABANG BATULICIN," demikian narasi dalam video itu.

tidak benar video penembakan di bri cabang batulicin
©Istimewa

Penelusuran

Setelah ditelusuri, aksi penembakan bukan terjadi di BRI cabang Batulicin, Kalimantan Selatan. Video penembakan tersebut terjadi di sebuah bank di São Mateus do Maranhao, Brasil.

Dalam artikel yang diunggah disitus swisherpost.co.za pada 22 Juni 2022, berjudul "Watch: Brazil bank robbery ends horribly for suspects [video]". Dijelaskan bahwa video baku tembak antara seorang pria dan petugas keamanan terjadi di sebuah bank di Brasil.

Ketika itu seorang pria yang diidentifikasi sebagai Nilton César Silva Aguiar, menyerang seorang petugas keamanan sebuah bank di São Mateus do Maranhao, Brasil pada 20 Juni 2022.

Akibat penyerangan secara tiba-tiba tersebut, seorang petugas keamanan mengalami luka di bagian lengan dan segera dilarikan ke rumah sakit, sedangkan Aguiar tewas di tempat sebelum sempat kabur dari lokasi.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah insiden itu, Polisi Sipil Maranhão mengonfirmasi Aguiar adalah satu dari 10 buronan yang melarikan diri dari fasilitas penjara di kota Teresina, Brasil timur laut, pada April 2022.

Diyakini Aguiar adalah bagian dari sindikat penculikan. Penjaga keamanan menderita luka tembak di lengannya dan segera dirawat di fasilitas kesehatan terdekat.

Kesimpulan

Video yang diklaim aksi penembakan di BRI cabang Batulicin, Kalimantan Selatan adalah keliru. Faktanya, aksi penembakan itu terjadi di sebuah bank di São Mateus do Maranhao, Brasil.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://swisherpost.co.za/crime/watch-brazil-bank-robbery-caught-cctv-video/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4997352/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-aksi-penembakan-di-bri-cabang-batulicin

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini