CEK FAKTA: Tidak Benar Video Keramaian di Pasar Tanah Abang

Jumat, 22 Mei 2020 10:47 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Keramaian di Pasar Tanah Abang Pedagang Pasar Tanah Abang tetap berjualan di tengah pandemi. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Beredar video kondisi keramaian di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Video tersebut beredar di media sosial Twitter, Kamis (21/5). Dalam video terlihat padatnya kerumunan warga tanpa adanya jarak. Video tersebut telah dilihat oleh 938 pengguna Twitter.

video keramaian tanah abang tahun 2018

Twitter

"Gaeess ini pasar Tanah Abang lho Terletak di ibu kota yg kebetulan masuk dalam daerah/provinsi PSBB
Dimana tanggung jawab pemkot daerahnya atas keramaian ini yg kemungkinan akn menimbulkan episentrum baru Hingga para medis nyerah #indonesiaterserah
#StopProvokasiDitengahPandemi"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut tidak terjadi saat adanya pandemi Covid-19. Dalam artikel Antaranews.com berjudul "Hoaks, video Tanah Abang dipadati masyarakat saat PSBB" pada 21 Mei 2020, dijelaskan bahwa video tersebut terjadi pada tahun 2018.

Video tersebut sempat diunggah di akun Instagram @jktinfo pada Rabu (6/6/2018). Kepadatan dalam video mengakibatkan mobil dan sejumlah kendaraan lain tidak dapat melintas. Video tersebut terjadi menjelang lebaran 2018.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperpanjang PSBB hingga 4 Juni 2020. PSBB DKI Jakarta berlaku sejak 10 April 2020.

Kesimpulan

Video keramaian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang beredar di media sosial adalah tidak benar. Video tersebut terjadi pada tahun 2018 menjelang lebaran.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini