CEK FAKTA: Tidak Benar, Video Harimau di Gunung Tangkuban Perahu

Selasa, 29 November 2022 15:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar, Video Harimau di Gunung Tangkuban Perahu harimau sumatera. ©REUTERS/Mike Blake

Merdeka.com - Rekaman video memperlihatkan dua ekor Harimau sedang melintasi jalan, beredar di media sosial TikTok. Peristiwa tersebut diklaim terjadi di Gunung Tangkuban Perahu.

Dalam video terlihat dua ekor Harimau dari arah perkebunan menyeberang dari sisi kiri jalan menuju sisi kanan jalan.

"Dapat Kiriman dari Grup Wa..Kebenaran blm bisa di pertanggung jawabkan.. Tapi yg pasti kalau memang benar Alhamdulillah Masih lestari, tapi tanda tanya kenapa mereka turun? semoga kita orang lembang dan sekitarnya selalu dalam lindungan Allah

Gunung Tangkuban Perahu," narasinya.

cek fakta tidak benar video harimau di gunung tangkuban perahu
©Tiktok

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com melakukan penelusuran dengan memasukkan tangkapan layar dari video menggunakan Google Image. Hasilnya, penampakan dua harimau terjadi di Taman Nasional Kerinci Seblat, Lubug Gadang, Sumatera Barat.

Video identik diunggah akun YouTube medcom id berjudul "Sekelompok Pemuda di Hutan Kerinci Diintai Harimau Sumatera" pada 20 Juni 2022.

cek fakta tidak benar video harimau di gunung tangkuban perahu
©YouTube medcom id

Dalam keterangannya, sekelompok pemuda yang tengah berada di Taman Nasional Kerinci Seblat, Lubug Gadang, Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat atau Hutan Kerinci diintai oleh seekor Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae).

Dalam video rekaman yang diunggah oleh akun instagram indoflashlight terlihat tiba-tiba Harimau Sumatera yang datang mengintai. Beruntung sekelompok pemuda itu menyadari kehadirannya sehingga tak terjadi konflik.

Kesimpulan

Klaim penampakan video harimau di Gunung Tangkuban Perahu adalah keliru. Faktanya, peristiwa tersebut terjadi di Taman Nasional Kerinci, Sumatera Barat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://vt.tiktok.com/ZS8JKnRGu/
https://www.youtube.com/watch?v=Prj4UUfqWgs

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini