CEK FAKTA: Tidak Benar Video Donald Trump Diusir dari Gedung Putih

Rabu, 11 November 2020 13:38 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Donald Trump Diusir dari Gedung Putih Donald Trump di Gedung Putih. ©2020 REUTERS/Carlos Barria

Merdeka.com - Beredar video yang diklaim sebagai Donald Trump diusir dari Gedung Putih, pasca kalah dari lawannya Joe Biden dalam Pilpres AS 2020.

Video itu salah satunya diunggah akun Facebook Hugo Giovanni pada 9 November 2020, dengan narasi sebagai berikut:

"Kagak Mau Ninggalin Gedung Putih...
Eksekusi Langsung."

tidak benar video donald trump diusir dari gedung putih

Penelusuran

Hasil penelusuran video Donald Trump diusir paksa meninggalkan Gedung Putih adalah tidak benar. Video tersebut adalah video komedi, yang diunggah channel Comedy Central pada Rabu 24 Oktober 2018. Video itu berjudul "The President Gets Evicted From The White House - The President Show".

Pria yang ada dalam video tersebut hanya mirip dengan Trump. Pria itu sebenarnya adalah Anthony Atamanuik yang membuat program "The President Show".

Kemudian pada akun Twitter resmi The Presiden Show, juga mengunggah video yang sama pada 11 November 2020. Dalam unggahan tersebut diberi keterangan.

"January 20, 2021
This is going to happen
We celled it."

tidak benar video donald trump diusir dari gedung putih

Kesimpulan

Video Donald Trump diusir dari Gedung Putih tidak benar atau hoaks. Faktanya, video tersebut adalah video komedi, yang diperankan oleh seseorang mirip Donald Trum bernama Anthony Atamanuik.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini