CEK FAKTA: Tidak Benar Video Bom Bunuh Diri di Medan

Kamis, 8 April 2021 16:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Bom Bunuh Diri di Medan Tidak Benar Video Bom Bunuh Diri di Medan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar video peristiwa bom bunuh diri yang diklaim terjadi di Medan. Dalam video berdurasi 10 detik terlihat ledakan yang menyebabkan seseorang terpental.

Video yang diunggah akun Youtube ini terdapat keterangan,"BOM BUNUH DIRI DI MEDAN. MELEDAK PELAKUNYA ORANG."

tidak benar video bom bunuh diri di medan
©YouTube

Penelusuran

Penelusuran Cek Fakta merdeka.com dengan mengunggah potongan video tersebut ke Google Image. Hasilnya, video tersebut merupakan ledakan ban mobil yang diakibatkan oleh pengisian angin yang melebihi kapasitas.

Dilansir dari Tribunnews.com, dalam sebuah video amatir yang beredar, tampak dua pria tengah sibuk mengisi angin ban mobil truk.

tidak benar video bom bunuh diri di medan
©Tribun

Pengisian ban berukuran besar itu dilakukan dua orang.Di mana satu mengisi dan satu coba menakar angin menggunakan kakinya. Namun, tiba-tiba ban yang sedang diisi itu meledak.

Diduga angin yang diisi terlalu banyak dan melebihi kapasitas. Hingga akhirnya ban pecah dan terbang ke atas. Ban pecah membuat dua penempel ban terpental dan akhirnya tersungkur ke tanah.

Bahkan, salah seorang di antaranya tertimpa ban yang meledak tersebut. Hal itu membuat beberapa orang yang berada di sekitar lokasi terkejut. Mereka mengira ada suatu ledakan mirip seperti bom.

Setelah itu korban menepi sambil memegangi tangannya yang sakit akibat tertimpa ban. Buat kalian yang sedang berkegiatan, tetap awas. Karena khal terburuk bisa saja terjadi kalau kita tidak hati-hati.

Sampai berita ini diturunkan belum diketahui pasti di mana lokasi dan kapan peristiwa ini terjadi.

Kesimpulan

Video yang diklaim ledakan bom bunuh diri di Medan adalah tidak benar. Faktanya,video tersebut merupakan ledakan ban mobil yang diakibatkan oleh pengisian angin.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://medan.tribunnews.com/2020/12/04/detik-detik-ban-mobil-meledak-saat-diisi-angin-korban-jatuh-tersungkur-warga-mengira-suara-bom?page=all [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini