CEK FAKTA: Tidak Benar Tanaman Sri Rejeki Bisa Menyebabkan Kematian pada Anak

Rabu, 25 Mei 2022 11:56 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Tanaman Sri Rejeki Bisa Menyebabkan Kematian pada Anak Ilustrasi sri rejeki. ©Unsplash/Severin Candrian

Merdeka.com - Beredar kabar di media sosial menyebutkan jika tanaman Sri Rejeki berbahaya karena memiliki racun yang bisa menyebabkan kematian terutama pada anak. Dalam unggahan terdapat gambar tanaman sri rejeki dan disandingkan dengan foto anak kecil yang tertidur.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan bahaya tanaman sri rejeki yang bisa menyebabkan kematian pada anak. Berikut narasinya:

"Info penting:bagi saudara2 fb.mohon jaga anak2 atau siapa pun utx mnjauhi tumbuhan yg ada di gmbar ini...terutama pada anak2..info nya tumbuhan ini di pke masak2an sma anak2..tumbuhan ini mmiliki racun..dan anak di gambar ini tlah mnjadi korban.innalillahi wainna ilaihi rojiun..

#mohon utx di sebar luaskan kepada publik.trimakasih," tulis salah satu akun Facebook.

tidak benar tanaman sri rejeki bisa menyebabkan kematian pada anak
©Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran, tanaman sri rejeki memang memiliki racun, namun efek racun getah pada sri rejeki termasuk dalam tingkatan ringan dan tidak menyebabkan kematian.

Dilansir dari Detik.com, Dr Susiani Purbaningsih, DEA, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI) mengkonfirmasi bahwa memang sri rejeki memiliki racun pada getahnya. Namun demikian masyarakat masih bisa bernapas lega karena efek racun getah pada sri rejeki termasuk dalam tingkatan ringan dan tidak bahaya.

"Beracun tapi tidak membahayakan sekali. Getahnya kalau kena orang bisa bikin gatel tapi ada juga yang enggak," kata Susiani ketika dihubungi detikHealth pada Senin (21/9/2015).

"Tiap tumbuhan itu punya senyawa yang dipakai untuk melawan musuh. Tingkat racunnya bermacam-macam ada yang bisa sampai membunuh tapi ada juga yang cuma sampai gatal. Gatal itu pun bertingkat-tingkat," lanjutnya lagi.

Tak hanya sri rejeki beragam tanaman hias lain seperti kuping gajah juga beracun namun sekali lagi mereka tak dikategorikan berbahaya karena tingkatannya yang lemah. Susiani mengaku belum pernah mendapat laporan sampai ada korban atau kasus keracunan parah akibat terkena getah tanaman-tanaman hias.

"Kalau memang diketahui tingkat racunnya tinggi ya pasti sudah tidak dibolehkan jadi tanaman hias," tutup Susiani.

Kesimpulan

Tanaman sri rejeki diklaim bisa menyebabkan kematian terhadap anak tidak benar. Faktanya, tanaman sri rejeki memang memiliki racun, namun efeknya termasuk dalam tingkatan ringan dan tidak berbahaya sampai bisa menyebabkan kematian.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3023997/meski-beracun-tanaman-sri-rejeki-masih-aman-dijadikan-hiasan
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4967893/cek-fakta-muncul-lagi-informasi-palsu-tanaman-sri-rejeki-bisa-bikin-kematian-pada-anak

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini