CEK FAKTA: Tidak Benar Tabung Gas Elpiji Ada Masa Kadaluarsa

Rabu, 26 Agustus 2020 10:47 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Tabung Gas Elpiji Ada Masa Kadaluarsa Pertamina Tambah Pasokan LPG. ©Pertamina

Merdeka.com - Kabar kode yang terdapat di tabung gas elpiji adalah kode masa kadaluarsa beredar di media sosial. Informasi tersebut diklaim berasal dari karyawan PT Perusahaan Gas Negara.

Dalam klaim tersebut terdapat penulisan masa kedaluwarsa tabung gas LPG berupa "Alfa Code". Berikut narasinya:

Info dr karyawan PT. Gas Negara
Setelah kejadian tabung elpiji meledak di Pizza Hut Bekasi juga di beberapa daerah. Maka mari kita lebih berhati2 dan waspada. Jgn sampe menimpah pd kita atau kluarga.

TABUNG gas elpiji ada masa kadaluwarsanya.
Jika anda membeli gas, harap diperiksa terlebih dahulu, kapan TABUNG tersebut berakhir masa pakainya?
Penulisan kadaluwarsa berupa "ALFA CODE". Contoh: "A 18"

A = Januari - Maret
B = April - Juni
C = Juli - September
D = Oktober - Desember

maka A 18 adalah :
Jan - Mar tahun 2018.

Sebarkan pengetahuan ini , barangkali anda bisa menyelamatkan seseorang.
Ini penting karena tabung gas yang sudah kadaluwarsa bisa berbahaya.

hoaks tabung gas elpiji ada masa kadaluarsa

Facebook

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim kode yang terdapat di tabung gas elpiji adalah kode masa kadaluarsa. Penelusuran dilakukan dengan menulis kata kunci "masa kadaluarsa tabung gas elpiji".

Hasilnya, PT Pertamina melalui situs resminya, menegaskan bahwa tidak ada istilah tabung elpiji yang kadaluarsa. Kode yang tercantum pada tabung elpiji menunjukkan tahun dimana tabung elpiji harus ditest ulang.

Vice Presiden Corporate Communicaton Pertamina Fajriyah menjelaskan kode pada tabung elpiji bukan merupakan kode berakhirnya penggunaan tabung tersebut, tetapi waktu untuk pengujian ulang atau re-test.

"Setiap tabung elpiji akan diuji ulang setiap 5 tahun, untuk memastikan seluruh tabung yang telah digunakan konsumen, tetap memenuhi standar keamanan yang telah ditentukan,"ujar Fajriyah, 16 September 2019.

Jika hasil test ulang bagus, lanjut Fajriyah, maka tabung tersebut dapat tetap digunakan, namun sebaliknya jika tabung dinyatakan kurang layak, akan ditarik dari peredaran diganti dengan tabung baru.

"Karena itu, seluruh tabung yang beredar di pasaran, aman dan layak digunakan konsumen," imbuh Fajriyah.

Menurut Fajriyah, jika dalam tabung elpiji tertulis kode produksi 2018, maka tabung tersebut akan ditest ulang pada tahun 2023.

"Namun demikian, pengecekan tabung tersebut tidak harus menunggu hingga lima tahun, karena jika ditemukan tabung kurang layak, meskipun belum lima tahun, akan langsung ditarik dan diganti dengan tabung baru," pungkas Fajriyah.

Kesimpulan

Klaim kode tabung gas elpiji menunjukkan masa kadaluarsa adalah tidak benar. Faktanya, kode yang tercantum pada tabung elpiji menunjukkan tahun di mana tabung elpiji harus ditest ulang.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini