CEK FAKTA: Tidak Benar Somalia Cetak Uang Koin Bergambar KH Hasyim Asyari

Selasa, 27 April 2021 18:01 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Somalia Cetak Uang Koin Bergambar KH Hasyim Asyari Tidak Benar Somalia Cetak Uang Koin Bergambar KH Hasyim Asyari. ©Facebook

Merdeka.com - Informasi Somalia mencetak uang koin emas bergambar pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari beredar di media sosial.

Dalam koin tersebut terdapat pula sebuah tulisan Arab, angka tahun "1871" dan "1947", serta nama "KHM Hasyim Asy'ari".

Berikut narasinya:

"Taukah Anda..?? Khususnya warga Kultur NU (Nahdlatul Ulama 1926 ). Bahwa negara SOMALIA pernah mencetak bentuk Mata uang Koin bergambar Wajah Pendiri (NU) NAHDLATUL ULAMA,Kyai Haji Hasyim Asy'ari. Somalia (bahasa Somali: Soomaaliya; bahasa Arab: ???????), dahulu bernama Republik Demokratik Somali, adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Djibouti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden dan Yaman di utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan Ethiopia di sebelah barat."

tidak benar somalia cetak uang koin bergambar kh hasyim asyari
©Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran, koin emas bergambar KH Hasyim Asyari tersebut bukanlah mata uang yang pernah dicetak oleh Somalia. Koin emas tersebut merupakan koin buatan perusahaan multi-level marketing (MLM) PT Gold Quest Indonesia (GQI) pada 2003.

Dikutip dari situs resmi NU, NU Online, GQI yang memproduksi koin emas itu adalah anak perusahaan Gold Quest International. Perusahaan ini berkantor pusat di Hongkong dan membuka cabang di Indonesia. Semula, Gold Quest merencanakan peluncuran koin emas tersebut pada 21 Oktober 2003 di Hotel JW Marriott, Surabaya.

Tapi rencana itu digagalkan oleh demonstrasi besar para santri dan alumni Pondok Pesantren Tebuireng, pondok pesantren yang didirikan oleh KH Hasyim Asyari.

Pasalnya, Gold Quest menerbitkan koin emas bergambar KH Hasyim Asyari tersebut untuk diperjualbelikan kepada publik. Namun, penerbitan koin ini tanpa seizin keluarga KH Hasyim Asyari.

Kesimpulan

Klaim Somalia mencetak koin emas bergambar KH Hasyim Asyari adalah keliru. Faktanya, koin buatan perusahaan PT Gold Quest Indonesia (GQI) pada 2003. Namun pencetakan koin tersebut gagal karena ditolak para santri dan alumni Pondok Pesantren Tebuireng.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1343/keliru-somalia-cetak-uang-koin-bergambar-kh-hasyim-asyari
https://www.nu.or.id/post/read/815/pak-ud--gold-quest-harus-di-tutup [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Ragam Konten
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini