CEK FAKTA: Tidak Benar Seragam Polri Akan Ganti seperti Polisi China

Jumat, 16 Oktober 2020 12:19 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Seragam Polri Akan Ganti seperti Polisi China Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar foto dengan narasi Polri akan mengganti seragam seperti seragam milik polisi China. Foto tersebut terdapat sejumlah pria keturunan China yang mengenakan seragam polisi khas China.

Foto lainnya menunjukkan sejumlah pria yang menggunakan seragam khas polisi Indonesia sedang mengangkat seragam yang identik dengan seragam polisi China.

tidak benar seragam polri akan ganti seperti polisi china

Cek fakta tempo.co

Foto tersebut diunggah akun Facebook Randi II, dengan narasi sebagai berikut:

"Polri mau ganti seragam? Atau polis china mau gantikan polisi indo?"

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri foto polri akan mengganti seragamnya seperti seragam polisi China.

Foto pertama terlihat polisi sedang berdebat dengan masyarakat. Faktanya foto tersebut adalah foto saat petugas penegak hukum berdebat dengan pedagang kaki lima di jalanan Shanghai, China, pada 9 Juli 2012.

tidak benar seragam polri akan ganti seperti polisi china

©RFA

Foto milik Agence France-Presse (AFP) ini pernah dipublikasikan oleh Radio Free Asia (RFA) dalam beritanya yang berjudul "Chinese Police Flee Angry Crowd After Reported Beating of Vendor" pada 29 Mei 2013.

Foto selanjutnya, foto polisi berseragam polisi Indonesia sedang mengangkat seragam polisi China. Faktanya, dilansir dari batamnews.co.id dalam artikel berjudul "Pura-pura Jadi Polisi China, Modus Pelaku Cyber Fraud di Batam" pada 20 September 2019.

tidak benar seragam polri akan ganti seperti polisi china

©batamnews.co.id

Foto tersebut diambi, saat polisi mengungkapkan komplotan cyber fraud (penipuan online). Semua tersangka merupakan warga asing asal China dan Taiwan berjumlah 47 orang. Mereka ternyata beraksi dan menipu para WNA China di Indonesia. Para pelaku juga berpura-pura menjadi polisi China saat mengubungi para korban.

tidak benar seragam polri akan ganti seperti polisi china

©Sindonews.com

Kemudian foto ketiga, pernah dimuat Sindonews.com dalam artikel berjudul "Diduga Buka Kantor Bersama dengan Polisi China, Kapolres Ketapang Dicopot" pada 13 Juli 2018.

Saat itu beredar foto plakat kerja sama antara Polres Ketapang dengan kepolisian Cina serta foto bersama jajaran Polres Ketapang dengan Kepolisian Suzhou, China. Namun, mantan Kapolres Ketapang AKBP Sunario menepis kabar yang beredar soal adanya kantor bersama antara Kepolisian RI dengan Kepolisian Suzhou China.

Kesimpulan

Kabar seragam Polri akan diganti seperti seragam milik polisi China adalah tidak benar atau hoaka. Foto yang beredar adalah foto dalam peristiwa yang berbeda.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Polri
  4. Polisi
  5. China
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini