CEK FAKTA: Tidak Benar Satu RW Diisolasi karena Ada Keluarga Positif Covid-19

Kamis, 10 September 2020 12:11 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Satu RW Diisolasi karena Ada Keluarga Positif Covid-19 Tim medis Covid-19 di Bogor. ©ADEK BERRY/AFP

Merdeka.com - Informasi satu RW di sebuah desa di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat diisolasi karena positif Covid-19. Informasi itu beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

"Infonya ada satu keluarga di Kampung Kambing, Desa Karangasem Timur, Citeureup positif Covid-19. Satu RW sekarang diisolasi".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel radarbogor.id berjudul "Heboh Satu RW di Citeureup Diisolasi Gara -Gara Covid 19, Ini Faktanya!" pada 7 September 2020, dijelaskan bahwa kabar tersebut tidak benar.

"radarbogor.id pun mencari kebenaran kabar tersebut. Hasilnya, tak ada RW yang melakukan isolasi akibat Covid-19 di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Hal itu pun dikonfirmasi Camat Citeureup, Ridwan. Kepada radarbogor.id Senin (7/9/2020) Ridwan menegaskan kabar tersebut adalah hoaks.

“Gak ada isolasi satu RW. Hanya kebetulan yang positif pak RW-nya,” kata Camat Citeureup, Ridwan kepada radarbogor.id Senin (7/9/2020).

Lebih lanjut, Ridwan menegaskan, yang benar adalah, satu keluarga positif. Namun, salah satu keluarganya sudah pulang perawatan dan sudah dinyatakan negatif.

“Positif satu keluarga. Istrinya sudah negatif sudah pulang,” tukasnya.

Kesimpulan

Informasi satu RW diisolasi karena satu keluarga positif Covid-19 adalah tidak benar. Memang benar ada satu keluarga yang positif Covid-19, namun kini salah satu anggota keluarga tersebut sudah negatif.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini