CEK FAKTA: Tidak Benar Ridwan Kamil Ajak Abu Janda Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19

Selasa, 4 Agustus 2020 11:42 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Ridwan Kamil Ajak Abu Janda Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19 Gubernur Jabar Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial yang membagikan tangkapan layar berita dari Viva.co.id berjudul "RK Ajak ABU JANDA Jadi Relawan Uji Vaksin COVID-19 Buatan China" pada tanggal 29 Juli 2020.

tidak benar ridwan kamil ajak abu janda jadi relawan uji vaksin covid 19
©2020 Liputan6.com

Tangkapan layar tersebut diunggah akun Facebook Kaum Pribumi, dengan narasi sebagai berikut:

"Kek gini lebih cakep"

Penelusuran

Cek Fakta Merdeka.com menelusuri klaim Ridwan Kamil mengajak Abu Janda jadi relawan uji vaksin Covid-19 dengan mengunjungi situs Viva.co.id.

Hasil penelusuran, bahwa gambar tangkapan layar tersebut hasil suntingan dari pemberitaan yang berjudul "Ridwan Kamil Ajak Warga Jadi Relawan Uji Vaksin COVID-19 Buatan China" di situs Viva.co.id yang dimuat pada 29 Juli 2020.

Berikut isi artikelnya:

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak warga Jawa Barat, untuk berperan aktif dan bersedia menjadi relawan uji klinis fase ketiga vaksin COVID-19 buatan perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac Biotech, yang dikerjasamakan dengan Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Bagi warga yang bersedia menjadi relawan uji klinis, dapat mendaftar ke Clinical Research Unit Departement Ilmu Kesehatan Anak, di RSUP Hasan Sadikin atau menghubungi nomor kontak 022-2034471 dan 08112214235.

“Jadi, sebagian dari kami yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Rabu, 29 Juli 2020.

Dia memastikan, vaksin Sinovac aman karena sudah melalui tahap uji klinis fase satu dan dua di Tiongkok. Sekarang dalam proses uji klinis fase ketiga yang melibatkan beberapa negara, termasuk Indonesia.

Uji klinis itu akan melibatkan 1.620 orang relawan dan vaksinnya akan disuntikkan kepada mereka. Bio Farma memercayakan lembaga yang bertanggung jawab dalam uji klinis, yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Head of Corporate Communication Bio Farma, Iwan Setiawan, menjelaskan bahwa jumlah relawan yang dibutuhkan untuk uji coba dipastikan sudah mewakili seluruh karakter dan populasi warga Indonesia.

Vaksin dari Tiongkok tiba di Indonesia dan melalui satu tahap, yaitu uji klinis fase tiga. Penelitian pada tahap ini diupayakan memastikan tingkat efektivitas kinerja virus meningkatkan kualitas pertahanan tubuh dari paparan virus corona. "Jadi, untuk efek samping dan lain sebagainya sudah terlewati," katanya.

Kesimpulan

Klaim Ridwan Kamil mengajak Abu Janda jadi relawan uji vaksin Covid-19 adalah tidak benar. Gambar tangkapan layar tersebut hasil suntingan dari pemberitaan yang berjudul "Ridwan Kamil Ajak Warga Jadi Relawan Uji Vaksin COVID-19 Buatan China" di situs Viva.co.id yang dimuat pada 29 Juli 2020.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini