CEK FAKTA: Tidak Benar, Foto Ini Kerumunan Saat Kedatangan Anies di Aceh

Jumat, 2 Desember 2022 13:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar, Foto Ini Kerumunan Saat Kedatangan Anies di Aceh CEK FAKTA: Tidak Benar, Ribuan Orang Sambut Kedatangan Anies di Aceh. ©YouTube

Merdeka.com - Klaim ribuan orang menyambut kedatangan Anies Baswedan di Aceh, beredar media sosial YouTube. Unggahan tersebut berjudul "REZIM PANIK !! LAUTAN MANUSIA SAMBUT ANIES, TERIAKAN "ANIES PRESIDEN" BERGEMURUH || BERITA TERKINI" pada 1 Desember 2022.

Thumbnail dari video berupa foto ribuan orang dengan Anies berada di atas panggung. Foto itu diberi keterangan sebagai pendukung anies yang menyambut kedatangannya di Aceh.

"Membludak...
LAUTAN MANUSIA DI ACEH SAMBUT ANIES
PANTAS REZIM DAN OLIGARKI INGIN JEGAL ANIES, RAKYAT ANTUSIAS TEMUI"

cek fakta

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Penelusuran cek fakta merdeka.com, dengan mengunggah foto thumbnail menggunakan Google Image, hasilnya mengarah ke situs berita Tribun Manado.

Foto identik itu diunggah Tribun Manado dalam artikel berjudul "Kondisi Politik Akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia di 2018" pada 28 Oktober 2017. Foto itu hanya diberi keterangan "Pergerakan massa".

cek fakta
©Tribun Manado

Penelusuran lainnya, juga ditemukan foto identik diunggah Tribunnews.com, berjudul "Jusuf Kalla Kampanye di Lapangan Karebosi Makassar," diunggah pada 12 Juni 2014 lalu.

cek fakta
©Tribunnews.com

Foto itu diambil saat Jusuf Kalla sedang kampanye di depan masa pendukungnya di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/6/2014).

Sehingga foto itu bukan massa yang menyambut kedatangan Anies di Aceh seperti keterangan thumbnail.

Penelusuran lainnya dengan melihat secara keseluruhan isi video tersebut. Hasilnya video itu berisi kegiatan Anies Baswedan. Salah satunya penyambutan Anies saat melakukan safari politiknya ke Medan, Sumatera Utara, Jumat (4/11) lalu.

Sedangkan narasi dalam video, berisi tentang pernyataan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Willy Aditya menyebut ada ratusan ribu relawan menyambut Calon Presiden (Capres) Partai NasDem Anies Baswedan di Medan, Sumatra Utara. Anies berkunjung ke Medan pada Jumat, 4 November 2022.

"(Sebanyak) 200 ribuan terdiri dari banyak kelompok (akan menyambut Anies)," ujar Willy kepada Medcom.id, Kamis, 4 November 2022.

Selain itu, narasi yang dibacakan narotar dalam video identik dengan artikel yang diunggah situs kbanews.com berjudul "Relawan Berjuang Keras Menangkan Anies Semata demi Indonesia yang Lebih Baik," 29 November 2022.

Artikel tersebut berisi tentang kelayakan Anies menjadi presiden periode 2024-2029. Menurut Ketua DPW Relawan Anies P-24 Riau Salman, Anies telah membuktikan dirinya sebagai intelektual yang tidak saja diakui secara nasional namun juga dunia internasional. Berbagai prestasi yang cemerlang pun telah ditorehkannya yang membuat bangga tidak hanya warga Jakarta, tapi masyarakat Indonesia.

Dikutip dari merdeka.com, safari politik Anies Baswedan, calon presiden yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Taman Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh dipastikan gagal.

Kegiatan berbalut jalan santai dan silaturahmi itu tidak mendapat restu, setelah izin dicabut oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Seni dan Budaya.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, membenarkan pihaknya telah mencabut izin acara Anies Baswedan yang diinisiasi Partai NasDem itu di taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh. Dia mengatakan pencabutan izin ini karena area taman sedang dalam tahap renovasi.

"Pencabutan izin ini dikarenakan lokasi yang ditujukan sedang tahap rehabilitasi dan perawatan. Oleh sebab itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan," kata Almuniza.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim ribuan orang menyambut kedatangan Anies Baswedan di Aceh adalah tidak benar. Sebab, Pemda Aceh mencabut izin kegiatan Anies Baswedan di Taman Ratu Safiatuddin.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=qzWynN1zQQI
https://manado.tribunnews.com/2017/10/28/kondisi-politik-akan-pengaruhi-ekonomi-indonesia-di-2018

https://www.tribunnews.com/images/editorial/view/1200462/jusuf-kalla-kampanye-di-lapangan-karebosi-makassar

https://www.medcom.id/nasional/politik/GKd2ze0b-nasdem-200-ribu-relawan-sambut-anies-di-medan
https://kbanews.com/geliat-daerah/relawan-berjuang-keras-menangkan-anies-semata-demi-indonesia-yang-lebih-baik/
https://www.merdeka.com/peristiwa/ketika-safari-politik-anies-baswedan-di-aceh-terganjal-izin.html

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini