CEK FAKTA: Tidak Benar Ribuan Orang di Indonesia Meninggal setelah Divaksin Covid-19

Rabu, 13 Oktober 2021 10:44 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Ribuan Orang di Indonesia Meninggal setelah Divaksin Covid-19 1.000 buruh disuntik vaksin Covid-19. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Beredar sebuah video di media sosial memperlihatkan orasi seorang pria dalam sebuah aksi protes terhadap upaya pemaksaan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat. Pada detik 0:21 Pria tersebut mengklaim bahwa ada ratusan bahkan ribuan orang di Indonesia yang meninggal dunia setelah divaksinasi Covid-19.

"Ratusan orang bahkan sudah ribuan orang di Indonesia ini meninggal dunia setelah vaksin. Apa yang akan kalian gantikan pada mereka. Jutaan manusia di sana ketakutan karena vaksin," kata pria tersebut.

tidak benar ribuan orang di indonesia meninggal setelah divaksin covid 19
facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran, terkait klaim ratusan bahkan ribuan orang di Indonesia yang meninggal dunia setelah divaksinasi Covid-19 adalah tidak benar.

Dilansir dari situs Kemenkes dalam artikel berjudul "Komnas KIPI: Tidak Ada Yang Meninggal Karena Vaksinasi COVID-19" yang diunggah pada 21 Mei 2021.

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof Hindra Irawan Satari menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada yang meninggal karena vaksinasi Covid-19.

Menurut Komnas KIPI, ada 27 kasus kematian diduga akibat vaksinasi dengan Sinovac. Namun setelah diinvestigasi, kematian tersebut tidak terkait dengan vasinasi.

Dari kasus tersebut, 10 kasus akibat terinfeksi Covid-19, lalu 14 orang karena penyakit jantung dan pembuluh darah, 1 orang karena gangguan fungsi ginjal secara mendadak dan 2 orang karena diabetes mellitus dan hipertensi tidak terkontrol

“Kenapa kami bisa membuat diagnosis itu? Karena datanya lengkap. Diperiksa, dirawat di-rontgen, diperiksa lab, di CT-scan, dapat diagnosisnya,” Jelas Prof Hindra.

Sementara yang meninggal diduga akibat vaksinasi dengan AztraZeneca ada 3. Namun juga tidak diakibatkan oleh vaksinasi tapi lebih karena penyakit lain.

Selain itu, dikutip dari Tempo.co, Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Safari, Jumat 8 Oktober 2021, menyatakan sampai hari ini tidak ada kasus kematian yang disebabkan oleh vaksinasi Covid-19.

"Tidak ada satupun kematian yang terkait dengan vaksin. Semua penyebab kematian disebabkan oleh penyakit lain yang disertai oleh orang tersebut," kata dia.

Kesimpulan

Klaim adanya ribuan orang di Indonesia meninggal dunia setalah divaksin Covid-19 adalah tidak benar. Komnas KIPI menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada yang meninggal karena vaksin. Semua penyebab kematian disebabkan oleh penyakit lain yang disertai oleh orang tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210520/4537800/komnas-kipi-tidak-ada-yang-meninggal-karena-vaksinasi-covid-19/
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1524/keliru-ribuan-orang-di-indonesia-meninggal-dunia-setelah-vaksin-covid-19
https://www.facebook.com/105023708554882/videos/1182009702275461?_rdc=1&_rdr [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Vaksin Covid 19
  4. Hoaks
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini