CEK FAKTA: Tidak Benar RI Larang WNA Masuk saat Corona Kecuali TKA China

Senin, 14 September 2020 15:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar RI Larang WNA Masuk saat Corona Kecuali TKA China TKA China. ©2020 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Beredar narasi di media sosial yang menyebutkan Indonesia larang warga negara asing (WNA) masuk saat pandemi Covid-19 kecuali tenaga kerja asing (TKA) asal China.

Unggahan tersebut diunggah akun facebook Reyna Shasmeca, disertai tangkapan layar judul berita "Sejumlah Negara Tak Izinkan WNI Datang, Wamenlu: RI Juga Larang WNA Masuk Saat Corona, kecuali TKA China." Dengan narasi sebagai berikut:

"Kecuali sesama Komunis…

tidak benar larangan wna masuk indonesia kecuali tka china

Penelusuran

Penelusuran Cek Fakta merdeka.com klaim RI larang WNA masuk saat pandemi Covid-19 kecuali TKA asal China tidak benar. Faktanya, judul di gambar itu adalah judul hasil editan atau suntingan.

tidak benar larangan wna masuk indonesia kecuali tka china

tangkapan layar geloranews

Judul asli atikel "Sejumlah Negara Tak Izinkan WNI Datang, Wamenlu: RI Juga Larang WNA Masuk Saat Corona" yang dimuat GeloraNews pada 9 September 2020.

Artikel daam situs GeloraNews itu sama persis dengan yang diunggah situs berita Detik.com berjudul "Sejumlah Negara Tak Izinkan WNI Datang, Wamenlu: RI Juga Larang WNA Masuk Saat Corona"

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar mengingatkan Indonesia juga melarang kedatangan warga negara asing (WNA) selama pandemi virus Corona (COVID-19).

"Untuk jumlah negara (yang melarang WNI) itu ya terus terang saya tidak menghitung satu per satu ya," kata Mahendra di MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Mahendra menganggap pelarangan WNI masuk negara asing wajar dilakukan di masa pandemi COVID-19. Ia mengingatkan Indonesia juga telah melakukan hal serupa terhadap warga negara asing (WNA) yang ingin masuk ke Indonesia.

"Tapi saya menanggapinya dalam konteks bahwa kondisi itu wajar saja karena Indonesia sendiri juga melarang seluruh warga asing masuk ke Indonesia. Tidak terbatas dari negara mana pun," kata Mahendra.

Mahendra pun menegaskan kebijakan pelarangan WNA masuk ke Indonesia telah diterapkan sejak April hingga saat ini. Ia kembali menegaskan hal itu wajar dilakukan oleh setiap negara, khususnya di masa pandemi Corona.

"Kita terapkan mulai April dan sampai sekarang masih berlaku. Jadi kalau negara lain menerapkan hal yang sama, ya pertama saya tidak menghitung satu per satu. Kedua, saya menganggap hal yang wajar karena Indonesia pun memberlakukan hal yang serupa dalam kondisi pandemi ini dan tidak ada yang istimewalah. Biasa aja," jelas Mahendra.

Sementara itu dilansir dari Jawa Pos, foto tanpa keterangan yang diunggah situs Gelora tersebut juga tidak sesuai dengan isi pemberitaan. Foto puluhan TKA Tiongkok yang tidak mengenakan masker itu ada sejak 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Jawa Pos menemukan foto tersebut diunggah aceh.antaranews.com pada 21 Januari 2019 dengan judul Imigrasi: 51 pekerja Tiongkok legal di Aceh.

Kesimpulan

Klaim RI larang WNA saat pandemi Covid-19 kecuali TKA asal China tidak benar. Faktanya pemerintah memang melarang WNA masuk ke Indonesia tanpa kecuali TKA China.

Dalam artikel pun tidak dijelaskan larangan WNA masuk ke Indonesia kecuali untuk TKA asal China.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini