CEK FAKTA: Tidak Benar Rekaman Video Mendeteksi Orang yang Sudah Divaksin dan Belum

Kamis, 10 Juni 2021 12:06 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Rekaman Video Mendeteksi Orang yang Sudah Divaksin dan Belum Vaksin Massal Nakes. ©2021 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Beredar rekaman video yang diklaim bisa mendeteksi seseorang yang sudah atau belum divaksin Covid-19.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, terlihat seseorang yang telah divaksin terdeteksi dengan kotak berwarna merah. Sementara, yang belum divaksin teridentifikasi kotak berwarna hijau.

"Hebatnya Zaman Yg Tervaksin and Yg Blom Akan Ketahuan.. yg kotak merah yg sudah tervaksin," tulis akun Facebook ARyadiila.

tidak benar rekaman video mendeteksi orang yang sudah divaksin dan belum
Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran, klaim kamera pendeteksi vaksinasi Covid-19 adalah salah. Dilansir dari medcom, itu kamera pemantau jaga jarak (social distancing). Aplikasi kamera ini ditemukan Andrew Ng seorang ilmuwan komputer dan ahli kecerdasan buatan (artificial intelligence) asal Amerika Serikat.

Video yang sama diunggah situs technologyreview.com, di mana perusahaan milik Andrew merilis demo video kamera yang mendeteksi jaga jarak sosial masyarakat. Aplikasi ini menggunakan kamera pemantau mata burung (bird eye).

Kamera akan mengindentifikasi dengan warna merah ketika jarak seseorang berdekatan. Sebaliknya, identifikasi warna hijau ketika jaga jarak diterapkan.

Aplikasi kamera ini nantinya bisa diaplikasikan di ruangan kerja. Andrew mengatakan aplikasi kamera ini bisa diintegrasikan ke dalam sistem kamera keamanan yang ada.

Namun sistem alarm peringatan kepada yang melanggar jaga jarak sosial masih dikembangkan. Salah satu metode yang mungkin adalah alarm yang berbunyi ketika pekerja lewat terlalu dekat satu sama lain. Laporan juga dapat dibuat dalam semalam untuk membantu manajer mengatur ulang ruang kerja.

Kesimpulan

Informasi kamera video bisa mendeteksi orang yang sudah atau belum divaksin Covid-19 adalah tidak benar. Faktanya, itu kamera yang mendeteksi jaga jarak sosial masyarakat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.technologyreview.com/2020/04/17/1000092/ai-machine-learning-watches-social-distancing-at-work/
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/1bVA8GQN-cek-fakta-kamera-pendeteksi-vaksin-covid-19-ditemukan-ini-faktanya [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini