CEK FAKTA: Tidak Benar Presiden Terpilih AS Joe Biden ke Istana Bogor Bertemu Jokowi

Selasa, 17 November 2020 10:54 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Presiden Terpilih AS Joe Biden ke Istana Bogor Bertemu Jokowi Joe Biden. ©2020 AFP

Merdeka.com - Kabar Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat, beredar di media sosial.

Salah satunya diunggah akun Facebook Cak Marko pada 8 November 2020. Dalam unggahan terdapat sebuah mobil dengan nomor plat kendaraan B 1 DEN. Berikut narasinya:

"Setelah resmi ditetapkan sebagai Presiden terpilih USA....Biden Otw ke Istana Bogor.
Ini klu bukan saudara gk bakalan aq kasih tahu lho...."

tidak benar presiden terpilih as joe biden ke istana bogor bertemu jokowi
©Facebook

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim Presiden terpilih AS Joe Biden bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor. Hasil penelusuran menggunakan Google Search tidak ditemukan informasi tersebut.

Namun, Presiden Jokowi dan Joe Biden pernah bertemu di Amerika Serikat pada tahun 2015 silam. Saat ini Joe Biden menjabat sebagai wakil presiden AS. Dilansir dari situs setkab.go.id berjudul "Wapres Joe Biden Sebut Indonesia Miliki Nilai Strategis Bagi AS" pada 28 Oktober 2015.

Saat itu Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Joseph Biden memuji Indonesia sebagai negara besar yang dapat menjalankan pemilihan umum dengan baik dan aman. Biden juga memuji upaya pemberantasan korupsi yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pujian tersebut disampaikan Wapres AS Joe Biden saat menerima kunjungan Presiden Jokowi dalam jamuan santap siang pribadi, di kediaman resmi Wapres AS, Washington DC, AS, Selasa (27/10) siang waktu setempat, atau beberapa jam sebelum Presiden Jokowi dan rombongan terbang kembali ke tanah air.

Menurut Biden, Indonesia memiliki nilai yang strategis bagi Amerika Serikat, karena Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar akan memiliki pengaruh yag kuat di masa datang, kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi saat memenuhi undangan jamuan makan siang pribadi yang disampaikan Joseph Biden itu.

Menanggapi hal itu, menurut Menlu, Presiden Jokowi menyampaikan kepada Biden hubungan kerja sama kedua negara telah berjalan baik, tapi masih ada sektor-sektor yang masih dapat ditingkatkan kerja samanya.

Santap siang antara Presiden Jokowi dan Wapres AS Joe Biden itu, menurut Menlu, berlangsung dalam suasana yang akrab dan hangat. Bahkan perbincangan keduanya 15 menit lebih lama dari waktu yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Kabar Joe Biden bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor tidak benar. Faktanya, Presiden Jokowi bertemu Joe Biden pada tahun 2015 silam di Amerika Serikat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini