CEK FAKTA: Tidak Benar Pesawat N250 BJ Habibie Jatuh di Tol Banyumanik Semarang

Rabu, 26 Agustus 2020 16:38 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Pesawat N250 BJ Habibie Jatuh di Tol Banyumanik Semarang Truk pengangkut pesawat N250 Gatotkaca di Gerbang Tol Banyumanik. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar sebuah video pesawat N250 karya mantan Presiden RI BJ Habibie yang berada di bawah pintu tol beredar di media sosial. Video tersebut diklaim jatuh di Tol Banyumanik, Semarang.

Video tersebut diunggah kanal YouTube Alimil Hakim Ahmad berdurasi 21 detik ini diberi judul "Gerbang tol//. dijalan tol banyumanik semarang" pada 21 Agustus 2020.

"Telah terjadi pesawat jatuh di tol Banyumanik, salah jalur. Ini pilotnya sekolahe nembak, SIM-e, dadine masuk ke pintu tol. Waduh, kasian pengendara mobil lainnya ini," narasi yang dilontarkan oleh pria yang merekam video tersebut.

tidak benar pesawat n250 bj habibie jatuh di tol banyumanik

YouTube

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim pesawat N250 jatuh di Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Hasilnya, video yang memperlihatkan pesawat N250 yang berada di gerbang tol bukan bukan pesawat jatuh.

Dilansir dari Kompas.com berjudul "Viral Video Pesawat N-250 Nyangkut di Pintu Tol, Ini Penjelasan Trans Marga Jateng," pesawat yang ramai dibicarakan warganet adalah pesawat N-250 Gatot Kaca karya BJ Habibie.

Pesawat itu dipindahkan dari Bandung ke Yogyakarta untuk menjadi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta. Proses pemindahan komponen pesawat dilakukan melalui jalur darat menggunakan truk trailer khusus.

Truk trailer tersebut sempat melintas di Jalan Tol Semarang Solo, yakni di ruas Banyumanik Colomadu pada Kamis (20/8/2020) malam. Jr. Spesialist Corporate Communications & Secretary PT TMJ, Shintya Putranti Ika W., meluruskan viralnya informasi itu.

"Kami meluruskan tidak ada badan pesawat atau sayap yang menyangkut di gardu tol Banyumanik," katanya, Jumat (21/8/2020).

Menurut Shintya, petugas PT TMJ dan PJR Jateng 1B telah mengarahkan truk trailer pengangkut melintas di gardu 16 jalur A yang memiliki lebar 4,1 meter. Sementara lebar badan pesawat kurang lebih 4 meter setelah lepas sayap.

"Untuk mengantisipasi risiko lain-lain, sebelum truk trailer pengangkut badan pesawat melintas gardu tersebut dilakukan ukur ulang dan ternyata ada space yang nantinya bisa menganggu ketika harus melintas di gardu 16 jalur A," ujar Shintya.

Maka, pihaknya memberikan solusi dengan pindah gardu 24 jalur B atau exit tol Banyumanik dengan pertimbangan space lebih lebar. Solusi ini dianggap lebih aman, meski harus melawan arus saat melintas gardu 24 jalur B yang hanya dilakukan pada saat melalui gardu tol.

"Proses pada saat pindah jalur dilakukan dengan mundur karena panjangnya trailer pengangkut badan pesawat," kata Shintya. Setelah berhasil melintas gardu 24 jalur B para petugas mengarahkan kembali melintas di jalur A dengan membuka beberapa water barrier yang selama ini terpasang.

Sementara itu, dilansir dari merdeka.com dalam artikel berjudul "Truk Pengangkut Pesawat N250 Buatan BJ Habibie Tersendat di Gerbang Tol Banyumanik," dimuat pada 21 Agustus 2020.

Truk pengangkut badan pesawat N250 Gatotkaca dari Jakarta menuju Yogyakarta sempat kesulitan melintas di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, akibat ukuran muatan yang terlalu besar, Kamis (20/8) malam.

Kepala Subunit PJR Tol JT 1B Polda Jawa Tengah Iptu Agus Joko di Semarang, Jumat, membenarkan adanya kendala perjalanan pesawat buatan mantan Presiden B.J. Habibie tersebut saat melintasi Gerbang Tol Banyumanik.

"Kejadian sekitar pukul 19.30 WIB. Pada pukul 22.30 WIB sudah bisa melintas," katanya.

Sementara itu, Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng Fauzi Abdurrahman mengatakan bahwa ketinggian muatan truk tidak memungkinkan untuk melintasi gardu tol.

"Truk sempat diminta mundur untuk dipindahkan ke jalur paling kanan," katanya.

Proses tersebut, menurut dia, membutuhkan waktu sekitar beberapa jam. Usai melintas di gardu paling kanan yang ukurannya lebih tinggi, truk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta.

Pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) ini melalui perjalanan darat dari Jakarta menuju penghentian akhirnya di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta.

Kesimpulan

Klaim video pesawat N250 terjatuh di jalan Tol Banyumanik adalah tidak benar. Video yang beredar saat truk pengangkut badan pesawat N250 Gatotkaca dari Jakarta menuju Yogyakarta kesulitan melintas di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, akibat ukuran muatan yang terlalu besar.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini