CEK FAKTA: Tidak Benar Penerima Donor Darah dari yang Sudah divaksin Jadi Kebal Covid

Kamis, 25 November 2021 18:15 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Penerima Donor Darah dari yang Sudah divaksin Jadi Kebal Covid Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Beredar klaim di media sosial yang mengatakan jika seseorang menerima donor darah dari pendonor yang sudah divaksin Covid-19. Otomatis penerima donor darah tersebut sudah tervaksinasi.

Disebutkan orang yang menerima transfusi darah dari orang sudah divaksin mendapatkan kekebalan tubuh untuk melawan Covid-19.

Penelusuran

Melansir dari Liputan6.com, orang yang menerima donor darah dari pendonor yang telah divaksin tidak otomatis mendapat kekebalan terhadap Covid-19.

Menurut The Anti-Fake News Centre atau Pusat Anti Berita Palsu Thailand meminta agar masyarakat tidak menyebarkan kembali klaim palsu tersebut.

"Tolong masyarakat jangan terkecoh, dan kami mohon kerjasamanya untuk tidak mengirimkan atau membagikan informasi tersebut di berbagai kanal media sosial," ujar Pusat Anti Berita Palsu, dilansir The Thaiger.

Mereka menambahkan bahwa transfusi darah tidak akan membangun kekebalan terhadap virus Covid-19 di tubuh penerima donor. Pasalnya, jumlah darah pendonor yang telah divaksin yang masuk ke tubuh penerima, jauh lebih kecil dibanding total darah yang belum tervaksinasi.

Sejauh ini, belum ada klaim yang menjelaskan berapa jumlah darah orang yang telah divaksin yang bisa ditambahkan ke tubuh orang yang belum divaksin agar mendapat kekebalan dari Covid-19.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, transfusi darah dari orang yang sudah divaksin tidak akan membangun kekebalan terhadap virus Covid-19 di tubuh penerima donor.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4717522/dapat-donor-darah-orang-yang-sudah-divaksin-covid-19-otomatis-dapat-kekebalan-simak-faktanya [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini