CEK FAKTA: Tidak Benar Pemudik Naik Motor Lewat Jalan Tol

Rabu, 12 Mei 2021 16:40 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Pemudik Naik Motor Lewat Jalan Tol Ilustrasi Pemudik Motor . ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Viral video sejumlah pemotor melaju dengan kecepatan tinggi di ruas jalan tol. Dalam video tersebut tertulis jika pemotor yang lewat jalan tol merupakan pemudik.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"#ThePowerOfMudikKetika rindu sudah membuncah di qalbu...Segala cara akan ditempuh untuk sampai ke tujuan...Para pemudik motorpun nekat masuk jalan tol dengan kecepatan tinggi. Berasa lagi nonton motogp. Valentino Rossi mah ga ada apa apa nya. Coba mana berani dia balapan di jalan tol...Semoga kalian dimudahkan dilindungi di perjalanan hingga kembali ke tempat asal..."

tidak benar pemudik naik motor lewat jalan tol
Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal membantah narasi di video. Ia mengatakan video itu bukan di Indonesia.

"Itu lokasi di Malaysia. Peristiwa itu sudah lama," kata Akmal dilansir dari Detik.

Akmal menyebut video itu tidak ada hubungannya dengan kebijakan larangan mudik pemerintah. Menurutnya, penyebar video itu hanya mencoba membuat gaduh masyarakat.

"Itu ada di Instagram dan temen-temen IT sudah ngecek (video) dari Instagram Malaysia," ujar Akmal.

"Nggak ada sama sekali (dengan kebijakan larangan mudik). Biasa kan masyarakat kita suka cocoklogi untuk mendiskreditkan kepolisian," lanjut Akmal.

Lebih lanjut Akmal mengaku pihaknya tidak ingin mengusut warga iseng yang menyebarkan narasi bohong di video tersebut. Dia menyebut pihaknya lebih memilih fokus dalam pengamanan kebijakan larangan mudik.

"Masih aja banyak pekerjaan lain soal larangan mudik yang harus dikerjakan," ucap Akmal.

Kesimpulan

Klaim pemudik yang naik motor lewat jalan tol adalah tidak benar. Faktanya, video yang beredar bukan terjadi di Indonesia melainkan di Malaysia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://news.detik.com/berita/d-5565064/viral-narasi-pemotor-mudik-masuk-tol-begini-faktanya [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini