CEK FAKTA: Tidak Benar Pembatalan Haji Karena Dananya Habis

Senin, 15 Juni 2020 11:22 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Pembatalan Haji Karena Dananya Habis Ibadah haji. AFP

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial menyebutkan jika pembatalan keberangkatan jemaah haji 2020 kerena danaya yang habis.

Informasi tersebut diunggah akun Facebook Ibrahim Elfarez, pada 10 Juni 2020 dengan mengunggah tautan artikel berjudul "Menag Tetap Batalkan Ibadah Haji 2020 Meski Dibuka Pemerintah Arab Saudi" yang dimuat situs suara.com, pada 9 Juni 2020.

Unggahan tersebut bernarasi:

Karena uangnya udh habisss bambang

tidak benar pembatalan haji karena dananya habis

©2020 Liputan6.com

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim pembatalan keberangkatan haji 2020 karena dananya yang sudah habis.

Dikutip dari Cek Fakta Liputan6.com, Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengatakan, kabar keberangkatan ibadah haji 2020 dibatalkan karena dananya sudah habis tidak benar.

"Sudah diklarifikasi, tidak benar," kata Anggito dikonfirmasi Liputan6.com.

Sementara itu, dalam akun Youtube resmi Kementerian Agama berjudul "KEMENAG PODCAST: Di Balik Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji 2020 (Part1)", pada 11 Juni 2020.

Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurahman menjelaskan, pembatalan keberangkatan jemaah ibadah haji 2020 mempertimbangkan keselamatan para jamaah di tengah pandemi virus Corona baru (Covid-19).

"Ini jadi pertimbangan apalagi Covid-19 belum ada vaksinya dan tingkat penyebarannya itu tidak kelihatan, bagaimana jemaah haji bisa mengenali yang kena wabah, ini munculah pertimbangan utama pembatalan keberangkatan jemaah ibadah untuk keselamatan dan kemanusiaan," kata Oman.

Menurut Oman, sebelum mengambil keputusan pembatalan keberangkatan jemaah ibadah haji 2020 Kementerian Agama juga telah melakukan mitigas sejak dini dan dengan pertimbangan yang matang.

"kementerian agama membuat tim krisis dampak pandemik ke penyelenggaraan ibadah haji seperti apa, kemudian dianalasis tim ini kemudian membuat skema-skema skenario kita melakukan persiapan cukup panjang tidak tiba-tiba saja, keliru pembatalan keberangkatan jemaah ibadah haji ini mendadak dan tanpa kordinasi tanpa analisa mendalam itu tidak tepat," paparnya.

Kesimpulan

Klaim pembatalan keberangkatan jemaah haji 2020 karena dananya sudah habis tidak benar. Faktanya, Kementerian Agama menjelaskan pembatalan haji 2020 disebabkan karena pandemi Covid-19 dengan mempertimbangkan keselamatan para jamaah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Haji
  4. Haji 2020
  5. Kemenag
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini