CEK FAKTA: Tidak Benar Pejabat KPK Minta Sumbangan Wakaf Lailatul Qadar

Senin, 10 Mei 2021 14:07 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Pejabat KPK Minta Sumbangan Wakaf Lailatul Qadar Gedung baru KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Beredar selebaran mengatasnamakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan pejabat KPK meminta sumbangan Wakaf Lailatul Qadar. Pada selebaran tersebut juga tercantum nomor rekening sebuah bank yang digunakan sebagai rekening donasi.

Penelusuran

KPK dalam situs resminya kpk.go.id, memastikan bahwa secara kelembagaan maupun individu Pimpinan, Dewan Pengawas dan Pegawai KPK tidak pernah meminta sumbangan maupun bekerjasama dengan pihak-pihak lain dalam rangka penggalangan dana untuk keperluan apapun.

tidak benar pejabat kpk minta sumbangan wakaf lailatul qadar
kpk.go.id

KPK mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan melakukan verifikasi berulang kepada pihak-pihak yang mengaku sebagai Komisi Pemberantasan Korupsi atau Pimpinan, Dewan Pengawas dan Pegawai Komisi.

KPK mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan bila mendapatkan informasi sejenis, dapat mengkonfirmasi melalui call center 198 atau e-mail informasi@kpk.go.id

Kesimpulan

Permintaan sumbangan Wakaf Lailatul Qadar mengatasnamakan KPK dan Pejabat KPK adalah, hoaks. KPK tidak pernah meminta sumbangan maupun bekerjasama dengan pihak-pihak lain dalam rangka penggalangan dana untuk keperluan apapun juga.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kpk.go.id/id/berita/klarifikasi-informasi-hoaks/2149-klarifikasi-kpk-ingatkan-publik-waspadai-permintaan-dana-mengatasnamakan-kpk-dan-pejabat-kpk [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini