CEK FAKTA: Tidak Benar Mensos Juliari Bantu Kampanye Paslon Pilkada Surabaya

Rabu, 9 Desember 2020 16:07 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Mensos Juliari Bantu Kampanye Paslon Pilkada Surabaya Pasangan Eri Cahyadi-Armuji usai pengundian nomor urut Pilkada Surabaya. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar sebuah video yang mengklaim Menteri Sosial nonaktif Juliari Peter Batubara membantu kampanye pasangan calon wali kota Surabaya nomor urut 01, Eri Cahyadi-Armuji dengan membagikan bantuan beras di Kecamatan Gayungan, Surabaya.

Video berdurasi 42 detik ini diunggah akun Facebook Servita Ifanka dan dibagikan ke grup Suara Rakyat Surabaya pada 8 Desember 2020.

tidak benar mensos juliari bantu kampanye paslon pilkada surabaya
©Facebook

Dalam video tersebut bernarasikan sebagai berikut:

MENSOS KORUPSI PERNAH “PRAKTEK” DI SUARABAYA
#ERJIPremanDemokrasi

MENTERI SOSIAL JULIARI BATUBARA TERTANGKAP KPK KARENA KORUPSI DANA BANTUAN SOSIAL

MENTERI ASAL PDIP TERSEBUT MENDAPAT SETORAN TIAP MENGUCURKAN BANTUAN

TERNYATA MENSOS PERNAH MEMBAGI BERAS SOSIAL DI GAYUNGAN, SURABAYA

BANTUAN TERSEBUT DISINYALIR BERBAU KAMPANYE ERI ARMUJI

KETUA DEWAN KEHORMATAN IKATAN PENASEHAT HUKUM INDONESIA, ABDUL MALIK MEMINTA KPK MEMERIKSA SURABAYA

PATUT DICURIGAI BERAS SOSIAL YANG DISALURKAN JUGA BERBAU KKN

KECURIGAAN MENGUAT KARENA KADINSOS SURABAYA JUSTRU DICOPOT KARENA MENOLAKNYA
SUHARTO WARDOYO MENOLAK MENYALURKAN BANTUAN UNTUK KEPERLUAR KAMPANYE ERJI

BELUM JADI MANUVER SUDAH ANEH-ANEH

Penelusuran

Hasil penelusuran video Mensos Juliari membantu pasangan Pilwakot Eri Cahyadi-Armuji dengan membagikan beras di Gayungan, Surabaya adalah salah. Faktanya, Video ini merupakan kegiatan komunitas cangkrukan 83 family yang merupakan salah satu relawan Paslon no 1 Eri-Pamuji di kawasan kampung Wilayah Sidonipah, Kelurahan Simolawang, Surabaya.

Dilansir dari beritajatim.com bentuk kegiatan adalah Bakti Sosial Pasar Gratis. Tidak ada Mensos dalam kegiatan ini. Penelusuran tim cek fakta beritajatim.com, kegiatan ini juga dipublikasikan beberapa media seperti tabirnusantara.com dan beritabangsa.com. Dalam berita itu yang dibagikan adalah sayur mayur, bukan beras.

Sedangkan foto kantong beras dalam plastik bergambar salah satu pasangan calon adalah kegiatan komunitas Keluarga Besar Rakyat Surabaya (KBRS) Perjuangan yang juga adalah salah satu relawan pasangan calon dimaksud.

Seperti diberitakan klikjatim.com, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), M Fikser bahwa beras bantuan sosial Pemkot Surabaya tidak berlabel.

Fakta lain, Kepala Dinas Sosial Surabaya, Suharto Wardoyo sampai saat ini masih aktif menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, tidak mundur atau dipecat.

Kesimpulan

Video Mensos Juliari membantu pasangan Pilwakot Eri Cahyadi-Armuji dengan membagikan beras di Gayungan, Surabaya adalah tidak benar. Video tersebut adalah kegiatan relawan Paslon no 1 Eri-Pamuji dan tidak ada kaitannya dengan Mensos nonaktif Juliari.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini