CEK FAKTA: Tidak Benar Memakai Masker Berdampak Bau Mulut, Ini Penjelasannya

Selasa, 1 September 2020 11:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Memakai Masker Berdampak Bau Mulut, Ini Penjelasannya Ilustrasi masker. ©PixabayShutterstock

Merdeka.com - Informasi memakai masker bisa bisa menimbulkan bau mulut beredar di media sosial Facebook. Informasi itu juga menyebutkan solusi untuk meghilangkan bau mulut karena memakai masker.

hoaks pakai masker timbulkan bau napas

Kominfo

"Kewajiban pakai masker disebut bisa menyebabkan masalah, termasuk bau mulut"

"Keseringan Pakai Masker Bisa memicu Masalah dan Bau Mulut, Ini Solusinya!"

Penelusuran

Penjelasan terkait memakai masker bisa berdampak pada bau mulut, dijelaskan dalam artikel antaranews berjudul "Bau mulut muncul saat pakai masker, benarkah?" pada 30 Agustus 2020.

"Seringkali sulit untuk mengabaikan aroma napas Anda sendiri saat memakai masker. Bau yang biasanya tidak Anda perhatikan menjadi tercium. Apakah Anda benar-benar memiliki bau mulut atau halitosis selama ini tanpa menyadarinya, dan masker membantu Anda menyadarinya atau masker yang menyebabkan munculnya bau mulut?

“Saat masker menutupi hidung dan mulut, konsentrasi bau mulut meningkat, memungkinkan kita untuk menciumnya. Tanpa masker, seseorang yang memiliki bau mulut mungkin tak menyadarinya," kata Dr Edwin Chng, direktur medis Parkway Shenton seperti dilansir Channel News Asia.

Bagaimana bau mulut bisa tercium saat pakai masker?

Konsultan senior di National Dental Centre Singapore's Department of Restorative Dentistry, Periodontic Unit, Koh Chu Guan mengatakan, ada bakteri yang hidup di mulut Anda sepanjang waktu.

Saat Anda bernafas, udara lembap dan bau busuk yang dihasilkan bakteri terperangkap di kain masker. Saat tetesannya mengering, mereka meninggalkan bau di kain masker.

"Kainnya mungkin tidak masalah. Jika bahannya tipis, maka mungkin memerangkap lebih sedikit udara dan karenanya, pemakainya mungkin kurang menyadari halitosis," kata dia.

Selain itu, Anda bisa menggunakan mulut untuk bernapas saat memakai masker dan itu bisa menyebabkan efek mengeringkan. Mulut yang lebih kering, terutama jika Anda tidak minum cukup air, dapat menyebabkan bau mulut.

"Kondisi ini diperburuk jika Anda merokok atau mengonsumsi minuman diuretik seperti kopi," tutur Koh.

Untuk mengetahui Anda bau mulut atau tidak, lepaskan masker Anda dan bernapaslah sembari menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan.

"Bau tidak akan muncul karena masker. Bahkan jika Anda telah melawan halitosis selama ini, memakai masker tidak memperburuknya," ujar Koh.

Kesimpulan

Informasi memakai masker berdampak pada bau mulut adalah tidak benar. Bau mulut tidak akan muncul karena masker. Saat Anda bernafas, udara lembap dan bau busuk yang dihasilkan bakteri terperangkap di kain masker. Saat tetesannya mengering, mereka meninggalkan bau di kain masker.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini