CEK FAKTA: Tidak Benar Mata Bintitan Disebabkan Menangis Terlalu Lama

Senin, 29 Juni 2020 10:21 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Mata Bintitan Disebabkan Menangis Terlalu Lama ilustrasi mata. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Beredar informasi bahwa menangis terlalu lama mengakibatkan mata bintitan. Informasi tersebut menyebutkan seseorang menangis hingga tertidur. Kemudian saat bangun tidur, mata langsung bengkak seperti muncul bentolan.

viral penyebab bintitan karena menangis terlalu lama

Kominfo

"guys jangan pernah nangis langsung tidur tanpa cuci muka

jadi aku ngalamin sendiri
aku nangis sampe bengkak trus aku langsung tidur
besok pagi nya mataku kaya muncul Bentolan
i think "ah bintitan"
akhirnya ak beli salep
bintitan sekitar 3 hari ga kempes" malah tambah besar

finally, aku ke dokter mata
dan langsung dibilang harus operasi Sekarang jg

akhirnya aku dioperasi jadi di dalem kelopak aku isinya Nanah banyak karena bakteri menyebar".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Ada bisul di mata? Ini lho penyebabnya!" pada 26 Mei 2015, dijelaskan berbagai penyebab munculnya bintitan di mata.

Istilah ilmiah untuk bintitan adalah hordeolum. Benjolan yang terasa menyakitkan ini ditemukan di luar atau dalam kelopak mata, serta tampak seperti bisul atau jerawat. Dalam kebanyakan kasus, bintitan bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun, kondisi bintitan yang parah membutuhkan penanganan lebih serius. Berikut adalah beberapa penyebab bintitan pada mata, seperti dilansir Mayo Clinic.

1. Kurang bersih

Bintitan biasanya disebabkan oleh bakteri, terutama bakteri staphylococcus. Menyentuh mata dengan tangan yang kotor dapat mentransfer bakteri ke kelopak mata dan kemudian memicu timbulnya bintitan.

2. Peradangan kelopak mata

Peradangan kronis yang terjadi di sepanjang tepi kelopak mata - yang disebabkan oleh kondisi yang disebut blepharitis - dapat menyebabkan bintitan.

Blepharitis juga dikaitkan dengan beberapa kondisi, seperti dermatitis seboroik atau rosacea, kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan pada wajah.

Untuk mencegah bintitan, hindari beberapa faktor risiko yang dapat memicunya, termasuk:

- mengganti lensa kontak dengan jari yang tidak bersih. Ketika hendak mengganti lensa kontak, pastikan bahwa Anda telah mencuci tangan.

- tidak menghapus riasan mata semalaman. Sebelum tidur, pastikan bahwa Anda telah membersihkan seluruh riasan di wajah Anda, terutama di mata.

- Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa. Pastikan bahwa semua kosmetik yang Anda gunakan masih layak pakai atau tidak kedaluwarsa.

Kesimpulan

Penyebab bintitan bukan karena menangis terlalu lama kemudian tertidur, melainkan adanya bakteri yang masuk ke mata, tidak menghapus riasan wajah sebelum tidur hingga tidak mencuci tangan saat mengganti lensa kontak mata.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini