CEK FAKTA: Tidak Benar Link pendaftaran Subsidi Listrik

Rabu, 14 April 2021 12:59 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Link pendaftaran Subsidi Listrik Meteran listrik warga Matraman. ©2020 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Beredar pesan yang berisi link cara mendaftar subsidi listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA.

Pendaftaran subsidi listrik berlaku sampai 14 Mei 2021. Berikut link tautannya:

https://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=125

tidak benar link pendaftaran subsidi listrik
©Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, informasi cara mendaftar subsidi listrik tidak benar.

"Itu tidak benar," kata Agung dilansir Liputan6.com.

Menurut Agung, alamat situs yang dicantumkan dalam informasi cara mendaftar subsidi listrik tersebut bukan situs resmi untuk mendaftarkan program kompensasi tarif listrik.

"website resmi PLN www.pln.co.id," tuturnya.

Sementara itu, dalam artikel merdeka.com "Simak Cara Mendapatkan Listrik Gratis dan Diskon Tarif 3 Bulan dari PLN" 2 April 2020. Mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Kemudian dalam artikel merdeka.com berjudul "Pemerintah Perpanjang Stimulus Listrik, Simak Cara Klaimnya" pada 5 April 2021. Pemerintah memperpanjang kembali stimulus sektor ketenagalistrikan kepada masyarakat dan pelaku usaha akibat pandemi covid-19. Stimulus periode bulan April hingga Juni 2021 sudah tersedia dan bisa dinikmati oleh pelanggan.

Dilansir dari laman resmi esdm.go.id, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi, mengatakan stimulus periode bulan April hingga Juni 2021 sudah tersedia dan bisa dinikmati oleh pelanggan PLN.

"Seperti program sebelumnya, penerima stimulus listrik dengan skema perpanjangan diskon bagi pelanggan subsidi yakni pelanggan rumah tangga dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Selain itu juga ada pelanggan bisnis kecil dengan daya listrik 450 VA dan industri kecil daya listrik 450 VA," kata Agung Murdifi, Senin (5/4).

Sementara, untuk pelanggan Prabayar akan mendapatkan diskon tarif listrik pada saat melakukan transaksi pembelian token listrik, Sedangkan untuk pelanggan Pasca Bayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik.

Berikut mekanisme stimulus tarif tenaga listrik periode April-Juni 2021, di antaranya:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan reguler dan layanan khusus untuk keperluan industri, bisnis, dan sosial.

"Kami kembali mengingatkan, khususnya bagi pelanggan daya 450 VA pasca bayar, karena adanya perubahan besaran diskon stimulus maka mulai rekening bulan April 2021, pelanggan harus kembali melakukan pembayaran," jelas Agung.

Demikian untuk pelanggan 450 VA prabayar, karena adanya perubahan besaran diskon stimulus, pelanggan tidak perlu lagi mengakses token baik melalui web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile, diskon stimulus didapatkan pada saat melakukan transaksi pembelian token.

Agung menegaskan, PLN berharap hadirnya stimulus listrik dapat meningkatkan produktivitas pelaku usaha serta daya beli masyarakat guna memulihkan perekonomian nasional. Untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore.

Kesimpulan

Link untuk mendapatkan subsidi listrik adalah tidak benar. Situs resmi untuk mendaftarkan program kompensasi tarif listrik PLN yakni www.pln.co.id

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/uang/simak-cara-mendapatkan-listrik-gratis-dan-diskon-tarif-3-bulan-dari-pln.html?page=1
https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-perpanjang-stimulus-listrik-simak-cara-klaimnya.html
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4531595/cek-fakta-tidak-benar-cara-mendapat-subsidi-listrik-lewat-tautan-ini [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini