CEK FAKTA: Tidak Benar Landasan Pacu di Bandara Dubai Berbentuk Pohon Natal

Jumat, 25 Desember 2020 11:21 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Landasan Pacu di Bandara Dubai Berbentuk Pohon Natal Tidak Benar Landasan Pacu di Bandara Dubai Berbentuk Pohon Natal. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Beredar foto landasan udara di Bandara Dubai pada malam hari dihiasi lampu yang membentuk pohon Natal.

Foto yang diunggah akun Facebook Dev Shrestha bernarasi "Dubai airport runway decorated with Christmas tree" atau dalam Bahasa Indonesia "Bandara Dubai mendekorasi runwaynya dengan pohon Natal"

Penelusuran

Penelusuran menggunakan Google Reverse Image, dilansir dari Liputan6.com pencarian mengarahkan pada laman Facebook Aeronews. Dalam postingan tanggal 16 Desember 2020 terdapat foto tersebut dan juga narasi berikut ini:

"XMAS MOOD / Shannon Airport has come up with a festive advertising campaign involving a redesign of the airport’s runway. The runway has been reimagined as a magical Christmas tree bedecked with colourful Christmas lights and topped with a Christmas star."

Atau dalam Bahasa Indonesia

"XMAS MOOD / Bandara Shannon telah membuat kampanye iklan yang melibatkan desain ulang landasan pacu bandara. Landasan pacu telah ditata ulang berbentuk pohon Natal ajaib yang dihiasi dengan lampu Natal warna-warni dan diatapi bintang Natal."

Selain itu postingan tersebut juga mengarah pada artikel berjudul "Shannon Airport Launches Festive Campaign" yang tayang di Shannonairport.ie 15 Desember 2020.

Dalam artikel terdapat penjelasan dari juru bicara Bandara Shannon:

"Tahun ini tahun yang berat bagi warga Irlandia. Kami ingin menyambut Santa yang akan terbang melintasi Bandara Shannon," ujarnya.

"Natal tetaplah Natal apapun yang terjadi. Ini waktunya berbagi harapan dan kegembiraan, kami ingin mengucapkan Selamat Natal dengan kemeriahan," katanya menambahkan.

Kesimpulan

Foto landasan pacu di Bandara Dubai berbentuk pohon natal adalah keliru. Faktanya, foto landasan berbentuk pohon natal di Bandara Shannon, Irlandia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini