CEK FAKTA: Tidak Benar Kunyit sampai Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker Payudara

Selasa, 15 September 2020 11:12 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Kunyit sampai Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker Payudara Ilustrasi kanker payudara. Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial klaim obat kanker dari bahan alami bisa sembuhkan kanker payudara. Bahan alami tersebut mulai kunyit putih, daun sirih sampai gula batu.

Dalam narasi yang beredar, air rebusan dari kunyit putih sampai gula batu yang diklaim ampuh sembuhkan kanker payudara.

Berikut narasinya:

Jika ada anggota keluarga atau kenalan yang kena kanker dan sudah buntu jalan penyembuhan, tidak punya dana, sebaiknya pakai resep ini. Seorang pasien kanker bernama Ibu Carla yang sudah mulai disembuhkan yang menyebarkan resep ini & dia berkata, sering saya lihat orang CA meninggal bukan karena kankernya tapi karena effek samping kemo yang sangat keras membuat kondisi pasien menjadi tambah lemah setiap kali sehabis kemo. Sering yang sudah sembuh tulangnya menjadi osteoporosis atau rapuh (termasuk gigi) karena kerasnya radiasi/penyinaran juga obat-obatan kemo.

Berikut ini adalah obat kanker dari bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

1. 150 gr Kunyit Putih

2. 150 gr Kunyit Biasa

3. 250 gr Biang Kunyit

4. 25 gr Jahe Merah

5. 100gr Jahe

6. 125gr Temu Ireng

7. 125gr Temu Putih

8. 2-3bh Pinang Muda (hijau)

9. 15-21lbr daun sirih (jumlah tergantung besar kecil daun sirih)

10. 30 gr Asem Jawa

11 Gula Batu (sesuai selera)

Cara buat obatnya:

1) Bersihkan, sikat, cuci, lalu dikeprek bahan-bahan segarnya

2) Rebus dgn 3.5L air dalam panci khusus utk masak jamu/obat cina/enamel

3) Sampai tinggal 2L air

4) Diminum pagi - siang - malam seperti jamu/air biasa, 2L jatah minum utk 2 hari simpan d kulkas

5) Kalau pancinya kecil boleh direbus dgn 2 L air sampai 1 L utk 2 x rebus

Semoga Bermanfaat buat kita semua..

tidak benar kunyit bisa sembuhkan kanker payudara

©2020 Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran terkait air rebusan dari kunyit putih sampai gula batu diklaim ampuh sembuhkan kanker payudara tidak terbukti sacara klinis.

Dilansir dari Liputan6.com, Dokter Onkologi dari Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Walta Gautama, Sp.B(K) Onk mengatakan, tidak ada bukti klinis penelitan tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu sebagai resep alami untuk menyembuhkan kanker payudara.

"Tidak ada bukti klinis penelitannya, kalau dalam dunia medis namanya complimentary therapy hanya untuk meningkatkan imunitas, sebagian bahannya mengandung anti oksidan dan antiradang," tutur Walta kepada Liputan6.com, Senin (14/09/2020).

Sementara itu dilansir dari merdeka.com berjudul "4 Cara Mudah untuk Tekan Risiko Kanker Payudara pada Diri Wanita." Salah satu hal yang menjadi penyebab utama dari penyakit kanker payudara ini adalah genetik. Walau begitu, bukan tak mungkin bahwa faktor gaya hidup dapat mempengaruhi perkembangan penyakit ini.

Sejumlah hal bisa menjadi penyebab terjadinya kanker payudara ini. Diketahui bahwa racun dari deodorants, kurangnya vitamin terutama vitamin D, hormon, serta masalah kesehatan lain bisa meningkatkan kanker payudara.

Untuk meningkatkan kesehatan payudara serta mencegah penyakit ini, terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan wanita. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk menekan risiko kanker payudara jadi sekecil mungkin.

Perhatikan Pola Makan

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa kandungan kimia seperti paraben dan alumunium pada makanan olahan sangat mempengaruhi risiko kanker payudara. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan segar. Makanan rumahan seharusnya menjadi pilihan utama dibanding makanan cepat saji dan olahan.

Cara lain untuk menangani kesehatan payudara adalah dengan konsumsi suplemen yang tepat terutama vitamin D. Sumplemen lain yang penting dikonsumsi adalam omega-3 yang diketahui dapat menurunkan risiko kanker payudara serta kondisi tertentu seperti peradangan.
Pilih Bra yang Tepat

Pilihan bra yang tak tepat merupakan faktor risiko lain yang menyebabkan kanker payudara. Hal ini terutama dialami pada ukuran payudara yang terlalu sempit sehingga menyebabkan tidak beresnya kerja payudara.

Sering Periksa Diri Sendiri

Hal yang juga harus diketahui oleh wanita adalah dengan memeriksa secara mandiri payudara. Lakukan hal ini secara rutin untuk mengetahui risikonya. Jika tidak, kamu juga bisa memeriksakannya di dokter untuk mengetahui secara pasti.

Kesimpulan

Air rebusan dari kunyit putih sampai gula batu diklaim ampuh sembuhkan kanker payudara tidak benar. Dokter Onkologi dari Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Walta Gautama, Sp.B(K) Onk mengatakan, tidak ada bukti klinis penelitan tentang hal tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini