CEK FAKTA: Tidak Benar Konsumsi Kuning Telur Mentah Bisa Cerdaskan Anak

Senin, 28 Desember 2020 15:53 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Konsumsi Kuning Telur Mentah Bisa Cerdaskan Anak Ilustrasi telur. Shutterstock/panda3800

Merdeka.com - Beredar video di media sosial yang berisi tentang manfaat konsumsi kuning telur mentah salah satunya bisa mencerdaskan anak. Selain itu juga diklaim memiliki manfaat mempercepat pertumbuhan gigi, memperkuat anak-anak.

Berikut narasi yang beredar:

"Rahasia anak jadi jenius cerdas pintar dan kuat!! Kuning telor (bisa telor ayam kampung.. omega.. puyuh) mentah masukkan ke dotnya kasih air panas, aduk aduk tambahkan susu formulanya, aduk-aduk lg trus tambahin air dingin,"

tidak benar konsumsi kuning telur mentah bisa cerdaskan anak
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, Dokter spesialis kesehatan anak dari RSIA Sam Marie Basra, Duren Sawit, Jakarta Timur, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A menegaskan, telur mentah tidak boleh diberikan kepada anak karena berisiko menimbulkan infeksi.

"Telur ayam mentah tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 5 tahun, karena kekebalan tubuhnya belum matang. Ada risiko infeksi salmonella dari telur yang terkontaminasi," kata Cut dilansir dari Kompas.com, Minggu (27/12/2020).

Ada sejumlah gangguan kesehatan yang bisa terjadi jika infeksi bakteri ini benar terjadi pada anak. "Gejalanya terutama di saluran cerna, muntah, dan diare hebat," kata Cut Nurul.

Selain itu, dilansir dari alodokter, penyajian telur setengah matang untuk anak sebaiknya dihindari. Sebab, telur mentah ataupun yang belum matang sempurna bisa mengandung bakteri Salmonella. Bakteri yang terdapat pada kotoran unggas ini bisa masuk ke dalam telur saat cangkang telur belum terbentuk sempurna atau melalui kulit telur yang retak.

Infeksi bakteri Salmonella atau yang biasa disebut Salmonellosis merupakan penyebab umum dari keracunan makanan. Gejala yang muncul akibat infeksi bakteri Salmonella adalah diare, muntah, demam, dan kram perut.

Umumnya, keracunan makanan akibat infeksi bakteri ini akan pulih selama 7 hari setelah terinfeksi, namun bisa berakibat fatal jika tidak segera mendapatkan pengobatan.

Kesimpulan

Konsumsi kuning telur mentah yang diklaim bisa mencerdaskan anak adalah tidak benar. Faktanya, telur mentah ataupun yang belum matang sempurna bisa mengandung bakteri Salmonella bisa menyebabkan diare, muntah, demam, dan kram perut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Telur
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini