CEK FAKTA: Tidak Benar Kabar Harga Vaksin Sinovac Mandiri Rp600 Ribu

Selasa, 6 April 2021 13:39 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Kabar Harga Vaksin Sinovac Mandiri Rp600 Ribu Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2021 REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Merdeka.com - Beredar informasi harga vaksin Sinovac mandiri. Informasi itu menyebutkan bahwa vaksin Sinovac mandiri seharga Rp600 ribu. Informasi itu juga mencantumkan nama PolarClinic Surabaya.

hoaks harga vaksin sinovac rp600 ribu
istimewa

"Vaksin mandiri SINOVAC bersama PolarClinic di Surabaya

Didukung oleh KADIN, ASPROKSI, dan DINKES

Umur diatas 18 tahun
Pelaksanaan mulai tgl 8 April
Bertempat di KADIN Apabila perusahaan telah menjadi anggota KADIN, bisa FREE dengan BPJS.

Apabila umum, biaya 600.000 sdh termasuk swab antigen

https://polarclinic.id/vaksin
Vaksin Sinovac mandiri Rp 600.000,-."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Menkes: Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksin Mandiri" pada 27 Februari 2021, dijelaskan vaksin belum dijual mandiri.

Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19 karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai.

"Jadi vaksin gotong royong atau mandiri akan dilakukan oleh BUMN Bio Farma. Dan mereka yang menentukan produsen mana yang digunakan," kata Menkes di sela melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo Jawa Timur, Sabtu (27/2).

Ia mengatakan harga vaksin mandiri atau gotong royong ini baru akan ditetapkan setelah adanya pertemuan antara pihak Bio Farma dengan produsen vaksin.

"Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut," katanya.

Menurutnya, jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri atau gotong royong tersebut.

"Kalau sudah diajukan kami akan melihat dan menentukan harganya berapa," ujarnya.

Kesimpulan

Informasi harga vaksin Sinovac secara mandiri sebesar Rp600 ribu adalah tidak benar. Sampai saat ini Kementerian Kesehatan belum memberi harga vaksin, karena karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini