CEK FAKTA: Tidak Benar Jika Terhirup AC Berjamur Bisa Membunuh Manusia

Jumat, 29 Mei 2020 16:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Jika Terhirup AC Berjamur Bisa Membunuh Manusia Ilustrasi AC. boldsky.com

Merdeka.com - Beredar pesan tentang imbauan agar masyarakat berhati-hati dengan jamur AC. Pesan tersebut mengatakan bahwa jamur AC bisa membunuh manusia. Jamur AC ini dikaitkan dengan sejumlah mal yang tutup imbas PSBB. Selama ditutup, AC di tiap mall tidak dinyalakan dan berakibat AC berjamur.

potongan obrolan whatsapp

Istimewa

"Untuk sahabat2 semua, sy ingatkan kalo mall2 dlm waktu dekat ini akan di buka kembali tolong sementara jangan ke mall dulu ya krn pd saat mall tdk boleh buka.. banyak sekali brg2 yg rusak ,,yg berubah jd pada jamuran , mengerikan bukan krn Covid saja yg membahayakan tapi jamur2 dlm AC yg terhirup oleh kita yg jg berbahaya krn merusak paru2 !! Disamping itu pipis tikus, kotoran kecoa, sisa2 makanan di resto yg sdh 3 bln tdk dibersihkan
.
Pokoknya sementara ini jgn mkn di resto dlm mall /dimana pun yg sdh tutup berbulan2 dulu. Makesure semua aman terkendali dulu utk kesehatan & kebaikan kita semua.

Hati2 menjaga kesehatan kita ya

#Stay Safe & Healthy"

hoaks kondisi mal kotor setelah dibuka

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, pesan tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel Antaranews.com berjudul "Jamur AC bisa langsung bunuh manusia? Ini penjelasannya" pada 28 Mei, dijelaskan bahwa jamur AC tidak membunuh manusia.

Ahli epidemiologi dari Departemen Kesehatan Masyarakat California Dr. Mark Mendell menjelaskan perawatan maupun pemeliharaan AC yang buruk akan membuat pendingin ruangan tersebut menjadi tempat perkembangbiakan bakteri serta jamur.

Mark Mendell, dalam artikel You Asked: Is My Air COnditioner Killing Me? yang disiarkan TIME, mengatakan asma dan alergi adalah penyakit yang akan timbul saat seseorang menghirup udara dari AC dengan kondisi telah terkontaminasi bakteri dan jamur.

Adapula masalah kesehatan lain yang bisa muncul, yakni sindrom sick bullying yang ditandai dengan hidung tersumbat, gangguan pernapasan, sakit kepala, kelelahan dan kulit yang teriritasi.

Di sisi lain, memang terdapat jamur yang dapat menyerang paru-paru. Penyakit paru yang disebabkan oleh jamur itu dikenal sebagai histoplasmosis.

Penyakit itu bisa menjadi penyakit kronis yang mengancam nyawa seseorang.

Hanya saja, histoplasmosis tidak ditularkan melalui AC. Penderita histoplasmosis biasanya terpapar jamur yang berada pada kandang ayam dan merpati, lumbung tua, taman dan gua yang merupakan tanah basah dan kaya bahan organik, terutama kotoran dari burung dan kelelawar.

Orang yang sangat beresiko terkena histoplasmosis adalah pekerja yang kontak dengan kotoran burung atau kelelawar, misalnya petani.

Kesimpulan

Pesan tentang jamur AC yang bisa membunuh manusia adalah tidak benar. Jamur yang bisa menyerang paru-paru dan membunuh manusia tidak terdapat di AC, melainkan di pada kandang ayam dan merpati, lumbung tua, taman dan tanah-tanah basah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. PSBB
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini