CEK FAKTA: Tidak Benar Imigrasi Tangkap 300 WN China Pembawa 3.000 Senjata Api

Rabu, 17 Juni 2020 12:03 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Imigrasi Tangkap 300 WN China Pembawa 3.000 Senjata Api Tidak Benar Imigrasi Tangkap 300 WN China Pembawa 3.000 Senjata Api. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com - Beredar informasi yang menyebutkan Dinas Imigrasi menangkap 300 warga negara China ilegal yang membawa 3 ribu senjata api dan 5 ribu peluru yang dimuat CNN Indonesia.

tidak benar imigrasi tangkap

©2020 Liputan6.com

Berikut artikel yang diklaim berasal dari CNN Indonesia:

Dinas IMIGRASI TAHAN 300 ORANG WNA CHINA ILEGAL, PEMBAWA 3.00 SENPI AK-46 & JENIS TERBARU, SERTA 5.000 PELURU YANG BARU TRANSIT DI BANDARA SOETA

Disaat Rezim pemerintah menerapkan aturan Lockdownyang harus di patuhi olehRakyat dengan tidak memberijaminan uang untuk kebutuhanhidup sesuai di atur undang-undang. Disaat itupula rezimMenyelundupkan Wna ChinaKomunis ilegal secara masifterus-menerus, para Wna ChinaKomunis ilegal ini di indikasikan adalah Para Tentaramerah dan Para intelijen ChinaKomunis. Sepertinya aparatKepolisian menutup matadalam hal ini, atau mungkinmalah membackingi

Kedaulatan Nkri dan Rakyat asli pribumi, serta seluruh umat beragama di Indonesia sudah di ambang ancaman kepunahan"

Dalam unggahan tersebut disertakan keterangan sebagai berikut:

"Klo yg begini bisa lolos . Gmn ya?

Untuk apa senjata ini masuk secara ilegal

Mengerikan klo ini benar..

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim Imigrasi tahan 300 WN China yang membawa 3 ribu senjata api dan 5 ribu peluru dimuat CNN Indonesia.

Penelusuran dilakukan dengan menelusuri situs CNN Indonesia dengan mencocokkan waktu pemuatan artikel yang tercantum pada klaim. Hasilnya juga tidak ditemukan artikel tersebut.

Kemudian CNN Indonesia memberikan klarifikasi dalam akun instagramnya @cnnindonesia. Berikut klarifikasinya:

Sehubungan dengan beredarnya gambar tangkapan layar berita dengan judul "Dinas Imigrasi Tahan 300 orang WNA China Ilegal Pembawa 3.000 Senpi AK-46 & Jenis Terbaru, serta 5.000 Peluru yang Baru Transit di Bandara Soetta" yang mencatut logo @cnnindonesia.

Kami menyatakan bahwa gambar tangkapan layar tersebut bukan berasal dari cnnindonesia.com dan tidak pernah tayang di situs cnnindonesia.com.

Kami menyesalkan pembuatan dan peredaran gambar tersebut karena bisa menimbulkan persepsi negatif pada media kami, narasumber, dan pihak lain yang disebutkan dalam berita palsu tersebut.

Kami juga berterima kasih pada perhatian, dukungan, serta kepercayaan dari pembaca #CNNIndonesia.

Kesimpulan

Klaim Imigrasi tahan 300 WN China yang membawa 3 ribu senjata api dan 5 ribu peluru dimuat CNN Indonesia tidak benar.

CNN Indonesia memberikan klarifikasi gambar tangkapan layar tersebut bukan berasal dari cnnindonesia.com dan tidak pernah tayang di situs cnnindonesia.com.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini