CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Perbatasan di Konawe Ditutup Saat Larangan Mudik

Selasa, 11 Mei 2021 14:41 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Perbatasan di Konawe Ditutup Saat Larangan Mudik Tidak Benar Foto Perbatasan di Konawe Ditutup Saat Larangan Mudik. Facebook

Merdeka.com - Beredar foto yang diklaim jalur perbatasan dua wilayah di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, yakni Unaaha dan Wawotobi ditutup di saat pemberlakuan kebijakan larangan mudik Lebaran 2021.

Dalam foto itu memperlihatkan gapura yang ditutup dengan barikade beton. Di bagian atas gapura, terdapat tulisan "PERBATASAN UNAAHA - WAWOTOBI".

tidak benar foto perbatasan di konawe ditutup saat larangan mudik

Penelusuran

Hasil penelusuran, foto penutupan perbatasan wilayah Unaaha dan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara adalah hasil suntingan. Dilansir dari Tempo, dalam foto aslinya, tidak terdapat tulisan "PERBATASAN UNAAHA - WAWOTOBI", tetapi tulisan "SELAMAT JALAN", di mana di atasnya terdapat logo Kota Tegal. Foto itu diambil pada Maret 2020.

Foto identik pernah dimuat oleh situs lokal Tegal, Ayotegal.com berjudul "Isolasi Wilayah, Jalur Perbatasan Kota Tegal Mulai Ditutup Barikade Beton" pada 29 Maret 2020. Saat itu, Pemerintah Kota Tegal resmi menerapkan isolasi wilayah dengan menutup sejumlah akses masuk ke Kota Tegal pada 30 Maret sampai dengan 30 Juli 2020.

Ratusan MBC beton lalu dipasang di sejumlah titik di antaranya di jalur-jalur perbatasan Kota Tegal dengan daerah sekitarnya, Minggu (29/3/2020).

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, mengatakan kebijakan isolasi wilayah diterapkan untuk membantu pemerintah pusat dalam mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19.

"Saya segenap Forkopimda Kota Tegal, pada hari ini kita akan melaksanakan isolasi wilayah. Ini tentunya untuk membantu pemerintah pusat dalam menangani virus korona," ujarnya.

Menurutnya, isolasi wilayah akan berlangsung selama empat bulan. Namun, jika kondisinya semakin membaik maka penutupan akses masuk ke Kota Tegal akan dibuka kembali. "Bisa saja tidak empat bulan. Bisa tiga bulan atau dua bulan blokir ini akan kita buka kembali," katanya.

Ia menjelaskan, isolasi wilayah yaitu memberikan akses terbatas kepada masyarakat luar daerah untuk masuk ke Kota Tegal melalui penutupan akses jalan. Sedikitnya ada 49 titik jalan yang akan ditutup, termasuk jalur perbatasan Kota Tegal dengan daerah sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, wali kota juga menyerukan dan mengajak kepada seluruh kepala daerah agar segera menerapkan kebijakan isolasi wilayah. "Kepada seluruh bapak ibu kepala daerah, ayo kita bersama-sana mengisolasikan seluruh wilayah masing-masing sebelum menyesal," tuturnya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya agar memahami kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Ini memang akan memberatkan semua masyarakat, saya secara pribadi Wali Kota Tegal, saya lebih baik dibenci daripada maut menjemput mereka," tegasnya.

Kesimpulan

Penutupan perbatasan di wilayah Unaaha dan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara di tengah larangan mudik lebaran adalah salah dan merupakan hasil suntingan. Faktanya, itu adalah penutupan akses masuk ke Kota Tegal pada Maret 2020 untuk mencegah penularan Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1364/keliru-klaim-ini-foto-perbatasan-di-konawe-yang-ditutup-di-tengah-mudik-lebaran-2021
https://www.ayotegal.com/read/2020/03/29/2842/isolasi-wilayah-jalur-perbatasan-kota-tegal-mulai-ditutup-barikade-beton [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini