CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Jalur Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang Membelah Bukit

Jumat, 17 September 2021 15:19 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Jalur Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang Membelah Bukit Jalan Tol Cisumdawu. ©2019 Instagram

Merdeka.com - Sebuah foto menyebutkan jalan tol terindah di Indonesia. Dalam foto terlihat seruas jalan yang membelah bukit. Pengunggah foto menyebut jalan tersebut merupakan jalan tol yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

hoaks jalur tol sumedang dawuan
istimewa

"Jalan Tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI - SUMEDANG - DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung Semarang hanya 3.5 jam.
Sebelumnya, Bandung Tegal tanpa toll perlu ditempuh 7 jam jika jalan lancar.."

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri foto tersebut. Hasilnya, foto tersebut bukan di Indonesia.

Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Foto penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang memangkas dan menerobos bukit" pada 25 Maret 2019, dijelaskan bahwa foto itu diambil disebuah jalan di Turki.

Setelah ditelusuri, foto itu berada di jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki.

Meski begitu, jalan tol Cisumdawu yang membelah bukit memang ada, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang dibangun sejak 2012 tersebut ditargetkan beroperasi sebagian pada tahun 2019.

Kesimpulan

Sebuah foto yang menyebutkan jalur tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang membelah bukit adalah tidak benar. Foto itu diambil di salah satu wilayah di Turki, bukan di Indonesia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini