CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Gedung Tertinggi di Israel Hancur Diserang Hamas

Selasa, 25 Mei 2021 14:50 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Gedung Tertinggi di Israel Hancur Diserang Hamas Tidak Benar Foto Gedung Tertinggi di Israel yang Hancur Diserang Hamas. Tempo.co

Merdeka.com - Beredar foto sebuah gedung pencakar langit hancur dan terbakar. Foto itu diklaim sebagai gedung tertinggi di Israel yang terletak di Tel Aviv, yang hancur akibat diserang oleh roket Hamas.

Terlihat juga dalam foto itu asap hitam yang membumbung tinggi. Berikut narasinya:

"Gedung tertinggi di Israel hancur di serang hamas"

tidak benar foto gedung tertinggi di israel yang hancur diserang hamas

Penelusuran

Hasil penelusuran melansir dari Tempo.com, foto itu adalah hasil editan dan tidak asli. Foto identik ditemukan di situs resmi perusahaan konstruksi Israel, Phoenicia Ltd. Namun gedung dalam foto tersebut tidak tampak hancur atau meledak.

Dalam foto ini, terlihat bayangan gedung serta bentuk awan yang sama seperti yang tampak dalam foto yang beredar. Gedung itu bernama Moshe Aviv.

tidak benar foto gedung tertinggi di israel yang hancur diserang hamas
Tempo.co

Dilansir dari Gezbegen.com, situs perjalanan yang berbasis di Turki, Moshe Aviv adalah salah satu gedung tertinggi di Israel. Bangunan berlantai 29 ini terletak di Ramat Gan, Tel Aviv. Nama gedung ini diambil dari nama pemilik perusahaan konstruksi, Moshe Aviv, yang meninggal dua tahun sebelum menara ini rampung dibangun pada 2003.

Dikutip dari situs resmi perusahaan pemilik Moshe Aviv, Aviv Group, gedung ini memiliki dua bangunan utama. Pertama, Bachar House, bangunan asli Moshe Aviv, yang dirancang oleh arsitek Yehuda Magidovitch, dan dipugar oleh arsitek Amnon Bar Or. Kedua, The Atrium, menara bisnis dan Bachar House yang digabungkan lewat atrium kaca modern, yang dirancang oleh arsitek Moshe Tzur.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan memasukkan kata kunci "gedung tertinggi di israel hancur diserang hamas" di kolom pencarian Google Search. Namun tidak ada informasi valid mengenai klaim tersebut.

Kesimpulan

Foto gedung tertinggi di Israel hancur dan terbakar karena diserang roket Hamas adalah tidak benar. Faktanya, foto yang beredar adalah hasil suntingan atau editan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1379/keliru-klaim-ini-foto-gedung-tertinggi-di-israel-yang-hancur-dihajar-roket-hamas
https://www.phoenicia-ltd.com/Moshe-Aviv-Tower#&gid=1&pid=6 [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini