CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anies Sedang Dengarkan Keluhan Warga yang Terlilit Utang

Rabu, 29 Juni 2022 12:07 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anies Sedang Dengarkan Keluhan Warga yang Terlilit Utang Jokowi tinjau Wisma Atlet. ©2018 Merdeka.com/Titin Supriatin

Merdeka.com - Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan narasi sedang mendengarkan keluhan warganya yang sedang terlilit utang beredar di media sosial.

Dalam unggahannya terdapat foto Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto itu disertai narasi:

"Anies sebagai Gubernur Jakarta dengan sabar mendengarkan keluhan warganya yang tengah terlilit utang..."

tidak benar foto anies sedang dengarkan keluhan warga yang terlilit utang
©Liputan6

Penelusuran

Setelah ditelusuri, foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden Jokowi dengan narasi Anies sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang adalah keliru.

Foto kebersamaan Anies dengan Presiden Jokowi diambil pada tahun 2018 lalu, saat keduanya sedang tinjau Wisma Atlet. Foto identik salah satunya diunggah situs katadata.co.id berjudul "Jokowi Ajak Anies Semobil Tinjau Akses Lalu Lintas Wisma Atlet," pada 26 Februari 2018 lalu.

tidak benar foto anies sedang dengarkan keluhan warga yang terlilit utang
©Katadata

Foto tersebut terdapat keterangan: Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi (kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) dan Ketua Inasgoc Erick Thohir (kedua kanan) meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta

Selain itu, dilansir detik.com berjudul "Didampingi Anies, Jokowi Cek Persiapan Asian Games di Wisma Atlet" pada 26 Februari 2018. Presiden Jokowi meninjau Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang akan digunakan para atlet untuk Asian Games 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mendampingi Jokowi.

Jokowi tiba di lokasi, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018) pukul 15.55 WIB. Selain Anies, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua Inasgoc Eric Thohir mendampingi Jokowi. Jokowi dan Anies juga sempat berbincang akrab.

Mereka meninjau tower 3 wisma sekitar 20 menit. Jokowi mengatakan persiapan di Wisma Atlet untuk menyambut Asian Games sudah hampir rampung.

"Kalau saya melihat di sini, Wisma Atlet sudah 99,9 persen. Alhamdulillah. Tinggal dikit-dikitlah," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi masih meninjau tempat lain di Wisma Atlet, seperti jalan setapak dan taman. Jokowi dan rombongan langsung meninggalkan lokasi setelah meninjau Wisma Atlet.

Kesimpulan

Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden Jokowi dengan narasi Anies sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang adalah keliru. Foto Anies dan Presiden Jokowi diambil saat keduanya sedang meninjau Wisma Atlet pada 2018 silam.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/5e9a5602da94a/jokowi-ajak-anies-semobil-tinjau-akses-lalu-lintas-wisma-atlet
https://news.detik.com/berita/d-3886818/didampingi-anies-jokowi-cek-persiapan-asian-games-di-wisma-atlet

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini