CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anak Kecil Tulis Keluhan ke Jokowi di Papan Tulis

Senin, 14 September 2020 20:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anak Kecil Tulis Keluhan ke Jokowi di Papan Tulis Jokowi tinjau kesiapan New Normal di MRT. ©TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN/POOL

Merdeka.com - Beredar foto anak perempuan sedang menulis keluhannya di papan tulis yang ditunjukkan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam unggahan yang beredar di media sosial, anak kecil tersebut menulis keluhannya karena sang ayah menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Sehingga ayahnya tidak bisa membeli sepatu baru.

tidak benar anak kecil tulis keluhan tentang jokowi

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri foto anak kecil sedang menulis keluhannya di papan tulis untuk Presiden Jokowi. Foto tersebut hasil suntingan dari foto aslinya.

Hasil penelusuran merujuk pada foto siswi sekolah asal Laos yang sedang menggambar di papan tulis menggunakan kapur.

Seperti dilansir dari situs penyedia foto megapixl.com. Foto aslinya memperlihatkan seorang anak sedang menulis dengan aksara Bahasa Laos.

tidak benar anak kecil tulis keluhan tentang jokowi

Tangkapan Layar Situs megapixl.com

Foto yang sama juga ditemukan dalam situs dreamstime.com. Foto tersebut memiliki keterangan anak perempuan sekolah di Laos menggambar di papan tulis.

tidak benar anak kecil tulis keluhan tentang jokowi

Tangkapan Layar Situs dreamstime.com

Kesimpulan

Foto anak kecil sedang menulis keluhannya di papan tulis untuk Presiden Jokowi karena ayahnya korban PHK tidak benar. Foto tersebut adalah hasil editan atau suntingan dari foto asli.

Foto aslinya memperlihatkan seorang anak perempuah yang sedang menulis dengan aksara Bahasa Laos.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini