CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anak Kecil Minta Presiden Putin Kirim Rudal ke Gedung DPR

Rabu, 29 Juli 2020 16:42 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anak Kecil Minta Presiden Putin Kirim Rudal ke Gedung DPR Presiden Rusia Vladimir Putin. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah foto anak kecil dengan kertas di tangan beredar di media sosial Facebook. Kertas tersebut bertuliskan "Pak Putin Tolong kirim rudal ke gedung DPR kami".

foto anak kecil minta putin kirim rudal ke gedung dpr

Facebook


Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto tersebut merupakan hasil editan. Dalam artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Foto Bocah Lelaki Minta Presiden Rusia Vladimir Putin Kirim Rudal ke Gedung DPR? Ini Faktanya" pada 29 Juli 2020, dijelaskan bahwa foto anak kecil itu pernah diunggah oleh akun Twitter @chelseaislan, namun dengan tulisan yang berbeda.

"Tulisan asli bocah tersebut adalah "pak presiden kalau tak bisa matikan asap kirimkan kami uang untuk ke dokter #SaveRiau". Foto bocah ini sempat viral di media sosial sebagai kritik kepada pemerintah dalam penanganan kebakaran hutan dan kabut asap di Provinsi Riau pada 2015 lalu.

Foto ini viral dan diunggah oleh beberapa akun media sosial selebritas tanah air. Salah satunya aku twitter @chelseaislan. Dalam cuitannya, ia mengajak masyarakat membantu korban bencana kabut asap di Riau.

unggahan foto anak kecil saat kebakaran hutan di riau

Twitter

"This picture made me very sad. Please spread the word. Let's help our friends who are in need. #HelpandSaveRiau :(" tulis akun @chelseaislan pada 8 Oktober 2015.

Dalam artikel merdeka.com berjudul "Kena ISPA, warga Riau minta duit ke Jokowi dan gubernur buat berobat" pada 6 Oktober 2015, dijelaskan bahwa imbas dari kebakaran hutan di Riau menyerang pernapasan.

Lebih dari 54 ribu warga Riau terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kebakaran hutan dalan lahan. Akibat tak kunjung hilangnya kabut asap, warga minta Presiden dan Gubernur setempat untuk mengirimkan uang untuk membiayai pengobatan.

"Kalau pak Gubernur dan Presiden tidak bisa padamkan api, kirimkan kami duit untuk berobat, anak-anak kami kena ISPA, saya sendiri juga kena," ujar Chairul Hadi, salah seorang warga kecamatan Rumbai, kota Pekanbaru saat berbincang dengan merdeka.com, Selasa (6/10).

Hadi menceritakan, baik dia maupun anaknya sempat menjalani perawatan dikarenakan menderita penyakit ISPA akibat kabut asap. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswasta ini hanya mengendarai sepeda motor bermodalkan helm dan masker.

Kesimpulan

Foto anak kecil yang memegang kertas bertuliskan "Pak Putin Tolong kirim rudal ke gedung DPR kami" adalah tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini