CEK FAKTA: Tidak Benar Ferdy Sambo Sewa Orang untuk Sekap Orangtua Bharada E

Selasa, 20 September 2022 17:45 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Tidak Benar Ferdy Sambo Sewa Orang untuk Sekap Orangtua Bharada E Sambo-Bharada E. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah akun Facebook mengunggah video dengan judul, "Tak Main-main Ancaman Ferdy Sambo Begitu Nyata, Orang Tua Bharada E Akan Dihabisi Jika Lakukan Ini."

Video itu beredar pada 27 Agustus dan telah mendapat 20 ribu likes serta 2,4 ribu komentar.

Narator dalam video itu menyebut Ferdy Sambo menyewa orang untuk menculik dan menyiksa orang tua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau yang dikenal Bharada E.

Narator tersebut juga mengeklaim Kamarudin Simanjuntak, pengacara keluarga Brigadir J yang mengatakan orang tua Bharada E disekap di Mako Brimob.

"Orangtuanya Barada E itu sekarang disekap di Mako Brimob. Enggak tahu kenapa. Jadi tidak di Manado lagi. Waktu itu kan saya bilang periksa orangtuanya, dapat uang berapa. Apa ada transfer atau tidak?"kata Kamarudin, Rabu, 24 Agustus 2022, dikutip dari tempo.co.

cek fakta tidak benar ferdy sambo sewa orang untuk sekap orangtua bharada e
Istimewa

Penelusuran

Berdasarkan penelusuran tim cek fakta, didapati artikel dari tempo.co yang menyatakan kabar tersebut adalah hoaks.

Faktanya, orang tua Bharada E saat ini tengah diamankan. Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmojo Suroyo menjamin bahwa kondisi orang tua Bharada E saat ini bukan disekap dan masih dalam kondisi baik.

Pengamanan ini merupakan bentuk proteksi terhadap orang tua Bharada E agar tidak mengalami berbagai ancaman dan intimidasi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Ronny Talapessy selaku kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E.

Kesimpulan

Kabar tentang disekapnya orangtua Bharada E adalah hoaks. Faktanya, orangtua Richard Eliezer tengah diamankan agar terhindar dari upaya intimidasi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1944/menyesatkan-ferdy-sambo-sewa-orang-untuk-culik-dan-siksa-orang-tua-bharada-e

Reporter Magang Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini