CEK FAKTA: Tidak Benar Faskes di Kota Bekasi Sudah Tak Bisa Tampung Pasien Covid-19

Rabu, 16 September 2020 12:38 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Faskes di Kota Bekasi Sudah Tak Bisa Tampung Pasien Covid-19 Ruang isolasi Covid-19 di Stadion Patriot. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Informasi fasilitas kesehatan di kota Bekasi penuh beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp. Informasi itu menyebutkan bahwa fasilitas kesehatan sudah tidak lagi mampu menampung pasien positif Covid-19 dan tenaga medis yang terbatas.

tangkapan layar informasi faskes di kota bekasi sudah tak bisa tampung pasien covid 19

Kominfo

"Sekarang fasilitas kesehatan sudah tidak lagi mampu menampung para penderita yang positif. Terlebih jumlah petugas kesehatan yg berada di garda terdepan dan paling beresiko terpapar juga sangat terbatas. Jika masih berkumpul yg tidak perlu, sangat rentan terjadinya penularan. Ketika sudah menjadi positif, kemana lagi kita akan diobati? Karena fasilitas kesehatan dan tenaga medis saat ini sudah sangat terbatas."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel kompas.com berjudul "[HOAKS] Pesan Berantai Fasilitas Kesehatan di Bekasi Tak Bisa Tampung Lagi Pasien Covid-19" pada 15 September 2020, dijelaskan bahwa informasi kondisi sebenarnya tidak seperti itu.

Camat Bekasi Utara Jalaludin membantah membuat pesan tersebut.

“Hoaks. Itu hoaks sekali. Kabupaten Bekasi juga sama, ada yang menyebarkan seperti itu juga dengan teksnya sama,” ucap Jalaludin, Selasa (15/9/2020).

Jalaludin mengaku sudah menyampaikan kepada pihak kelurahan hingga RT bahwa pesan berantai itu adalah hoaks.

Namun, ia enggan menjelaskan detail bagaimana kondisi Covid-19 di wilayahnya.

“Saya sudah sampaikan ke Lurah dan RT bukan dari kami informasi seperti itu, bukan seperti itu kondisinya. Jangan percaya dan termakan hoaks,” tutur dia.

Kesimpulan

Informasi fasilitas kesehatan di kota Bekasi yang sudah tidak mampu menampung pasien Covid-19 adalah tidak benar. Informasi tersebut tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini