CEK FAKTA: Tidak Benar Erdogan Tolak Jabat Tangan Presiden Prancis, Ini Faktanya

Rabu, 11 November 2020 15:44 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Erdogan Tolak Jabat Tangan Presiden Prancis, Ini Faktanya Tidak Benar Erdogan Tolak Jabat Tangan Presiden Prancis, Ini Faktanya. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Beredar foto yang memperlihatkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menolak berjabat tangan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Foto itu menunjukkan Macron mengulurkan tangan untuk berjabat tangan, sementara Erdogan terlihat sebaliknya.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Mei Rianti Chan pada 6 November 2020, dengan narasi sebagai berikut:

"Ini Baru Pemimpin Islam yang Tegas Membela Kehormatan Nabinya

Kemarin beliau Menyerukan ke Rakyat TURKI Agar Memboikot Produk" Buatan Prancis .

Sekarang , Disebuah Forum Mr Erdogan menunjukkan perlawanannya dengan cara menolak Bersalaman dengan Mercon (Presiden Prancis)

Mantap Mr Erdogan

Inilah Pemimpin yang Punya semangat Tinggi Membela Agama dan Nabinya."

Penelusuran

Hasil penelusuran Presiden Turki Erdogan menolak bersalaman dengan Presiden Prancis, dilansir dari Indian Today berjudul "Fact Check: Old pic viral as Erdogan's 'snub' to Macron amid Turkey-France tensions" menemukan bahwa gambar viral tersebut saat Macron bertemu Erdogan selama sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa tahunan di markas besar PBB di New York pada 25 September 2018, di mana mereka saling menyapa dan berjabat tangan.

Dalam artikel itu, foto tersebut diambil oleh juru kamera kantor berita AFP, Ludovic Marin yang diunggah melalui situs Getty Images. Foto itu diambil pada tahun 2018.

Foto itu memiliki keterangan asli sebagai berikut:

"Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) bertemu dengan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di markas besar PBB selama Sidang Umum PBB tahunan di New York City pada 25 September 2018. (Foto oleh Ludovic MARIN / AFP)"

Melalui situs Getty Images, itu bukanlah foto satu-satunya yang diambil Ludovic Marin soal pertemuan Macron dengan Erdogan. Ada beberapa foto lain di tanggal yang sama, memperlihatkan keduanya bersalaman.

Masih dilansir dari India Today, hubungan antara Prancis dan Turki memburuk setelah pernyataan Macron tentang fundamentalisme Islam setelah pemenggalan kepala seorang guru di Paris.

Kesimpulan

Foto Presiden Turki Erdogan menolak bersalam dengan Presiden Prancis Macron, tidah benar. Foto yang beredar adalah diambil saat keduanya bertemu di Sidang Umum PBB tahunan di New York City pada 25 September 2018, di mana mereka saling menyapa dan berjabat tangan.

Foto itu diambil sebelum hubungan antara Prancis dan Turki memburuk setelah pernyataan Macron tentang fundamentalisme Islam

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini