CEK FAKTA: Tidak Benar Covid-19 Adalah Kedok dari Penyakit Radiasi

Selasa, 24 November 2020 17:14 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Covid-19 Adalah Kedok dari Penyakit Radiasi rapid dan swab test di Stasiun Bojong gede. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Sebuah video memperlihatkan seorang wanita yang sedang berbicara mengenai Covid-19 beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 7 menit 53 detik itu, wanita ini menyebutkan bahwa Covid-19 berkedok dari penyakit radiasi.

tidak benar covid 19 adalah kedok dari penyakit radiasi
turnbackhoax

"Covid is smoke screen for radiation sickness," tulis akun Facebook Katie Mul.

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi Covid-19 berkedok dari penyakit radiasi adalah tidak benar. Dalam artikel Turnbackhoax berjudul "[SALAH] Corona Adalah Kedok dari Penyakit Radiasi" pada 23 November 2020, dijelaskan bahwa meski memiliki kemiripan, namun Covid-19 tetap berbeda dengan penyakit radiasi.

Setelah ditelusuri, pernyataan yang dilontarkan wanita tersebut dikatakan ahli menunjukkan penyakit yang dinamakan pneumonitis radiasi. Gejala penyakit radiasi pneumonitis dan COVID-19 memang serupa, tetapi keduanya sama sekali berbeda.

Pneumonitis radiasi adalah suatu bentuk peradangan paru-paru yang dapat muncul dengan sendirinya dalam beberapa minggu dan bulan setelah seseorang menjalani pengobatan radiasi untuk kanker. Gejala berupa sesak napas, batuk dan demam – mirip dengan COVID-19 penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Ahli Onkologi Radiasi Narek Shaverdian dan Annemarie Fernandes Shepherd, dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center berkata, “Mereka disebabkan oleh etiologi yang sangat berbeda,” Shepherd mengatakan kepada Reuters, dengan Shaveridan menambahkan bahwa pneumonitis radiasi “tidak ada hubungannya dengan virus”.

Kesimpulan

Informasi Covid-19 sama dengan penyakit radiasi atau Pneumonitis radiasi adalah tidak benar. Pneumonitis radiasi adalah bentuk peradangan paru-paru yang dapat muncul dengan sendirinya dalam beberapa minggu dan bulan setelah seseorang menjalani pengobatan radiasi untuk kanker.

Sedangkan Covid-19 muncul karena adanya virus yang menular dari satu orang ke orang lain.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini