CEK FAKTA: Tidak Benar BI Keluarkan Surat Tagihan Pajak Penghasilan

Kamis, 20 Mei 2021 16:37 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar BI Keluarkan Surat Tagihan Pajak Penghasilan Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Beredar surat tagihan pajak palsu yang mencatut nama Bank Indonesia. Surat tersebut berisi tentang pemberitahuan untuk pembayaran pajak penghasilan (PPh).

Dalam surat tersebut juga tertulis bahwa penagihan dilakukan bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penelusuran

Bank Indonesia menegaskan pihaknya tidak pernah melakukan penagihan dalam bentuk apapun pada masyarakat. Melalui akun Instagram @bank_indonesia, masyarakat diminta untuk waspada terhadap informasi yang belum benar.

Pastikan kebenarannya terlebih dahulu jika ada hal-hal yang berkaitan dengan Bank Indonesia melalui sosial media resmi Bank Indonesia dan layanan.

tidak benar bi keluarkan surat tagihan pajak penghasilan
©Instagram Bank Indonesia

"Pajak Penghasilan (PPh) memang menjadi kewajiban bagi #SobatRupiah yang sudah berpenghasilan. Eits, tapi hati-hati, jika tagihan yang datang bukan dari instansi yang berwenang. Pastikan laporan tagihan hanya berasal dari @ditjenpajakri ya!

Jangan sampai menjadi korban dari kabar menyesatkan, yang mengatasnamakan Bank Indonesia sebagai berikut, karena Bank Indonesia TIDAK PERNAH melakukan penagihan dalam bentuk apapun, termasuk Pajak Penghasilan (PPh).
.
.
Yuk, pastikan kebenaran informasi yang didapat.
Karena kepastian hanya datang dari sumber resmi, bukan dari gebetan yang kerap ingkar janji.

Silakan hubungi BICARA 131, yang siap #BeriMakna lewat informasi akurat seputar Bank Indonesia." tulis akun Instagram BI pada 19 Mei 2021.

Kesimpulan

Bank Indonesia menegaskan pihaknya tidak pernah melakukan penagihan dalam bentuk apapun pada masyarakat termasuk penagihan pajak penghasilan. Sebab tagihan terkait pajak hanya berasal dari Ditjen Pajak.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini