CEK FAKTA: Tidak Benar Bendung Gerak Serayu Jebol, Ini Faktanya

Kamis, 10 Desember 2020 15:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Bendung Gerak Serayu Jebol, Ini Faktanya Tidak Benar Bendung Gerak Serayu Jebol, Ini Faktanya. ©Facebook

Merdeka.com - Beredar video yang bernarasi Bendung Gerak Serayu, Banyumas Jawa Tengah jebol. Dalam video itu terlihat sebuah sebuah objek yang hanyut oleh derasnya aliran air di bendungan.

Dalam video seorang pria mengatakan objek tersebut adalah bagian dari bendungan yang terbawa aliran air.

"Bendungane jebol siji, bro. Bendungane ra kuat (Bendungannya jebol satu, bro. Bendungannya nggak kuat)," kata seorang pria dalam rekaman tersebut.

Penelusuran

Dari hasil penelusuran Bendung Gerak Serayu jebol adalah salah. Objek yang hanyut sebenarnya adalah kapal ponton yang sedang beroperasi di sekitaran bendungan.

Dilansir dari detik.com artikel berjudul "Viral Bendung Gerak Serayu Jebol, Kepala UPT: Itu Kapal Ponton Hanyut!", Kepala UPT Bendung Gerak Serayu (BGS) Sugeng menyebut kapal ponton yang sedang beroperasi terlepas ikatannya dan tersangkut di bendungan.

"Sebenarnya itu dari pagi kemarin. Itu kapal ponton sedang difungsikan untuk membangun dermaga di hulu Bendung Gerak Serayu, karena ikatannya kurang kuat akhirnya terlepas hanyut dan nyangkut di pintu nomor 4," kata Sugeng saat dihubungi wartawan.

Dia menegaskan narasi dalam video itu keliru. Sugeng memastikan semua pintu radial Bendung Gerak Serayu masih berfungsi normal.

"Keliru itu, yang betul itu kapal ponton hanyut dan nyangkut di pintu nomor 4. Kami lepas ke hilir karena membahayakan bendung kami. Pintu radial kami masih fungsi semua," tegasnya.

Saat kapal ponton tersebut tersangkut di pintu nomor empat, lanjut Sugeng, mengakibatkan bagian Bendung Gerak Serayu bergetar. Karena membahayakan tubuh bendungan, akhirnya petugas melepaskan kapal ponton tersebut.

Kesimpulan

Klaim Bendung Gerak Serayu jebol adalah tidak benar. Faktanya, benda yang nampak terbawa arus bukanlah pintu Bendung Gerak Serayu melainkan sebuah kapal ponton yang hanyut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini