CEK FAKTA: Tidak Benar Bendera dan Atribut PDI-P Dilarang di Provinsi Sumbar

Senin, 27 Juni 2022 12:31 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Bendera dan Atribut PDI-P Dilarang di Provinsi Sumbar Tidak Benar Bendera dan Atribut PDI-P Dilarang di Provinsi Sumbar. ©Istimewa

Merdeka.com - Unggahan di media sosial Facebook menyebutkan jika atribut dan bendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dilarang beredar di provinsi Sumatera Barat. Dalam unggahannya disertakan foto anggota satpol PP yang diklaim sedang mencabut dan membawa bendera PDIP.

"PARTAI TERL4R4NG
Tamat sdh riwayat PDIP di Tanah Minang, smua bendera & atribut PDIP dilarang beredar di provinsi Sumbar.
Bagi masyarakat Minang yg Pancasilais, PDIP merupakan "Partai Terlarang" yg ingin mengubah Pancasila mjd Trisila.
Provinsi mana yg akan menyusul..!? https://t.co/27CZCbqKVR
MANTAFF kali minang bahh...👏👏👏padang mmng TOP 👍👍👍 smoga bs diikuti oleh daerah lain yg mmng bener² cinta NKRI" narasi dalam unggahannya.

tidak benar bendera dan atribut pdi p dilarang di provinsi sumbar
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, bendera dan atribut dilarang beredar di provinsi Sumatera Barat adalah tidak benar. Faktanya gambar tersebut adalah saat anggota Satpol PP kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat menurunkan atribut bendera milik PDIP pada Januari 2020.

Dilansir dari Antara, pencopotan atribut PDIP dilakukan di sepanjang Jalan Pramuka Raya, Jalan Layang Ahmad Yani, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, karena adanya aduan masyarakat yang merasa terganggu.

"Kami turunkan sebanyak 500 atribut seperti sepanduk dan bendera. Semuanya kita bawa kecamatan Cempaka Putih," kata Kepala Satpol PP kecamatan Cempaka Putih, Aries Cahyadi.

Kesimpulan

Klaim bendera dan atribut dilarang beredar di provinsi Sumatera Barat adalah tidak benar. Faktanya pencopotan atribut PDIP yang dilakukan Satpol PP terjadi di Cempaka Putih, Jakarta pada Januari 2020 karena adanya aduan masyarakat yang merasa terganggu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.antaranews.com/berita/1253817/satpol-pp-cempaka-putih-turunkan-atribut-pdip-karena-aduan-masyarakat

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini