CEK FAKTA: Tidak Benar Beberapa Suplemen dapat Netralkan Vaksin Covid-19

Kamis, 6 Mei 2021 17:30 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Beberapa Suplemen dapat Netralkan Vaksin Covid-19 6 jenis vaksin Covid-19. ©2020 Merdeka.com/freepik

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan sejumlah zat suplemen dapat menetralkan vaksin Covid-19.

Informasi tersebut mengklaim bahwa mengkonsumsi zat seperti yodium, seng, quercetin, karbon 60, dan pyrroloquinoline quinone akan mengurangi efek samping atau membatasi efektivitas vaksin mRNA.

tidak benar beberapa suplemen dapat netralkan vaksin covid 19

Penelusuran

Dilansir dari AFP Fact Check, para ahli mengatakan zat mengonsumsi yodium, seng, quercetin, karbon 60, dan pyrroloquinoline quinone kemungkinan tidak akan mengurangi efektivitas vaksin.

Dr Amesh Adalja, dokter penyakit menular dan sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, mengatakan kepada AFP, zat suplemen itu tidak akan membuat vaksin mRNA menjadi tidak efektif.

"Tak satu pun dari hal-hal itu yang mungkin akan berpengaruh pada imunogenisitas vaksin." katanya.

Sementara itu, Dr Gregory Poland, direktur Grup Penelitian Vaksin di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, juga menyampaikan klaim tersebut tidak benar.

"Wah, ini penuh kesalahan," katanya melalui telepon.

Selain itu, Dr Matthew Laurens, direktur persekutuan penyakit menular anak di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, mengatakan tak satu pun dari zat ini dalam bentuk apa pun akan meminimalkan efek samping dari vaksin Covid-19.

Katanya, efek samping dari vaksin pada dasarnya terkait dengan respons imun yang dirangsang sebagai respons terhadap vaksinasi.

Dia mencatat bahwa mengonsumsi suplemen ini tidak diharapkan untuk mengurangi keefektifan suntikan mRNA, tetapi secara teori ada kemungkinan beberapa bahan kimia ini dapat mengurangi respons kekebalan terhadap vaksinasi.

Kesimpulan

Klaim beberapa suplemen makanan dapat berfungsi untuk menetralkan efek suntikan Covid-19 yang banyak digunakan adalah tidak benar. Faktanya, klaim tersebut dibantah oleh banyak ahli.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan vaksin Covid-19 aman dan efektif.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://factcheck.afp.com/experts-reject-claim-supplements-can-counter-covid-19-vaccines [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini