CEK FAKTA: Tidak Benar Anies Jual Gedung Pemerintah Pusat Jika Ibu Kota Pindah

Rabu, 24 Juni 2020 16:00 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Anies Jual Gedung Pemerintah Pusat Jika Ibu Kota Pindah Anies Baswedan resmikan air siap minum di Stasiun MRT Dukuh Atas. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Beredar sebuah artikel yang menyebutkan jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menjual gedung pemerintah pusat jika Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur.

Artikel tersebut berbunyi "Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Jual Gedung Pemerintah Pusat" yang dipublikasikan pada 19 Juni 2020.tidak benar anies jual gedung pemerintah pusat jika ibu kota pindah

Istimewa

Berikut narasinya:

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, optimistis pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur takkan menghambat pertumbuhan ekonomi Jakarta. Malah, dia menyebut kota ini akan menjadi pusat bisnis global.

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim soal Anies Baswedan berencana menjual gedung pemerintah pusat jika Ibu Kota Pindah. Pencarian dilakukan dengan menggunakan Google Search dengan menyalin isi artikel terkait klaim tersebut.

Hasilnya ditemukan artikel Dream.co.id berjudul "Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Manfaatkan Gedung Pemerintah Pusat" yang dimuat pada 31 Agustus 2020.

Berikut isi lengkap artikelnya:

Dream – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, optimistis pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur takkan menghambat pertumbuhan ekonomi Jakarta. Malah, dia menyebut kota ini akan menjadi pusat bisnis global.

“Meskipun Jakarta menjadi atau tidaknya sebagai ibu kota, perekonomian di Jakarta akan tetap maju dan menjadi pusat bisnis global,” kata Anies di Jakarta, Jumat 30 Agustus 2019.

Dia akan menunggu arahan dari pemerintah pusat, terutama untuk area perkantoran instansi pusat. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini yakin, area itu akan disulap menjadi tempat yang bermanfaat untuk perekonomian.

"Tapi saya percaya, bahwa lahan-lahan yang semula digunakan perkantoran itu akan menjadi tempat kegiatan yang berdampak juga bagi perekonomian dan lingkungan nantinya," kata Anies di Jakarta.

Dia menyebut bisa saja area perkantoran diubah menjadi ruang terbuka hijau (RTH) untuk Jakarta.

"Ini saya juga mengusulkan sebagian bisa menjadi taman kota. Sehingga satu adalah efek lingkungan hidupnya baik, yang kedua yang untuk komersial itu akan menggerakkan perekonomian," kata dia.

Dalam artikel Dream.co.id tidak ditemukan Anies akan menjual gedung pemerintah pusat. Namun Anies mengusulkan gedung tersebut diubah menjadi ruang terbuka hijau (RTH) untuk Jakarta.

Kemudian ditemukan di artikel merdeka.com berjudul "Ibu Kota Pindah, Anies Harap Gedung Bekas Pemerintah Bukan Untuk Komersil", bertuliskan Anies Baswedan akan mendiskusikan lebih lanjut rencana pengalihan fungsi gedung perkantoran di Jakarta menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Hal ini terkait dengan pindahnya ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

"Tentu nanti dibicarakan. Salah satu hal yang akan bermanfaat sekali bagi Jakarta adalah kita memiliki ruang hijau yang lebih banyak. Fasilitas-fasilitas di lokasi strategis bisa untuk menjadi salah satu ruang terbuka hijau, dan banyak sekali," katanya di GOR, Jakarta Timur, Rabu (28/8).

"Nanti kita tunggu, kita berharap bahwa salah satu rencana pemanfaatan bukan untuk terbuka hijau saja, tapi juga ruang terbuka biru. Artinya untuk taman, kolam air. Kita berharap bisa terjadi," lanjutnya.

Terdapat di artikel merdeka.com berjudul "Ibu Kota Pindah, Mau Diapakan Gedung-Gedung Pemerintahan di Jakarta?" yang isinya, pemerintah berencana gedung-gedung pemerintahan akan disewakan ke pihak swasta. Dengan cara disewakan ke pihak swasta, pemerintah akan menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk membangun Ibu Kota Baru.

Kesimpulan

Klaim Anies Baswedan akan menjual gedung pemerintah pusat jika Ibu Kota Pindah adalah keliru. Faktanya Anies mengusulkan gedung-gedung pemerintah diubah menjadi ruang terbuka hijau untuk Jakarta.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini