CEK FAKTA: Tidak Benar Aktivis Greta Thunberg Minta China Setop Penggunaan Sumpit

Kamis, 13 Mei 2021 15:59 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Aktivis Greta Thunberg Minta China Setop Penggunaan Sumpit Ilustrasi sumpit. ©PIxabay/lpegasu

Merdeka.com - Informasi aktivis lingkungan Swedia Greta Thunberg mendesak orang-orang China untuk berhenti menggunakan sumpit tradisional yang terbuat dari pohon untuk menyelamatkan lingkungan. Unggahan tersebut dilengkapi dengan foto Greta yang sedang memakai headset.

"Greta Thunberg mendesak orang-orang China untuk meninggalkan sumpit tradisional dan dengan demikian menyelamatkan pohon dan hutan. Tanggapan Rakyat China adalah dengan mendesak Greta untuk kembali ke sekolah, di mana dia dapat mengetahui bahwa sumpit terbuat dari bambu, yang merupakan spesies rumput,” demikian bunyi narasi yang beredar.

cek fakta tidak benar aktivis greta thunberg minta china setop penggunaan sumpit

Penelusuran

Dilansir dari AFP, tidak menemukan catatan yang dapat diandalkan bahwa Greta Thunberg mengatakan orang China harus berhenti menggunakan sumpit untuk menyelamatkan pohon.

Juru bicara Thunberg mengatakan aktivis muda itu tidak pernah membuat komentar seperti itu.

"Greta tidak pernah membuat komentar itu atau komentar terkait, dia juga tidak menerima pesan seperti itu,” kata juru bicara kepada AFP.

Sementara itu, foto Greta yang sedang memakai headset dalam unggahan adalah foto Thunberg yang berbicara di KTT Aksi Iklim PBB pada 23 September 2019. Namun, transkrip pidatonya menunjukkan bahwa dia tidak menyebutkan tentang sumpit.

Kesimpulan

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg mengatakan orang China harus berhenti menggunakan sumpit untuk selamatkan lingkungan adalah tidak benar. Faktanya, aktivis muda itu tidak pernah membuat komentar seperti itu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://factcheck.afp.com/greta-thunberg-did-not-urge-chinese-people-stop-using-chopsticks-save-trees-0 [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. China
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini